Saturday, 18 August, 2018 - 03:08

Dua Perempuan di Pilkada Donggala

dr Anita B Nurdin dan Vera Elena Laruni dalam suatu kesempatan. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Jelang pendaftaran calon kepala daerah Kabupaten Donggala, sejumlah kandidat mulai menerima dukungan dari partai politik berupa formulir B.1 KWK. Untuk Donggala, dipastikan dua srikandi bakal memperebutkan kursi nomor 1 Donggala.

Informasi yang dihimpun Metrosulawesi Minggu 7 Januari, dr Anita B Nurdin berpasangan dengan Abdul Rahman diusung oleh PDIP dan Hanura. Sama-sama memiliki tiga kursi di DPRD Donggala, pasangan ini memenuhi syarat mendaftar di KPU.

Pilkada 2018 merupakan keikutsertaan kedua kali dr Anita B Nurdin. Pada pemilihan periode sebelumnya dr Anita berpasangan dengan Abd Chair A Mahmud, sayangnya saat itu mereka dikalahkan oleh pasangan jalur perseorangan Kasman Lassa-Vera Laruni.

Kini mantan Kadis Kesehatan Donggala ini kembali bertarung dengan manggandengn Abdul Rahman. Sebagai politisi baru, kiprah Abdul Rahman belum banyak diketahui masyarakat Donggala, nampaknya hal itu menjadi pekerjaan rumah bagi pasangan ini untuk memenangkan pertarungan.

Sekretaris DPD Hanura Sulawesi Tengah, Ismal Junus membenarkan bahwa DPP Hanura sudah mengeluarkan B.1 KWK kepada pasangan dr Anita B Nurdin dan Abdul Rahman sebagai calon bupati dan wakil bupati Donggala.

Begitupun dengan Vera Elena Laruni. Sebagai petahana di Pilkada Donggala Vera maju sebagai calon Bupati, berpasangan dengan Taufik M Burhan. Pasangan ini juga sudah mendapat dukungan politik dari Golkar dan PKB.

Sempat pecah kongsi diawal pemerintahan bersama Kasman Lassa, nampaknya menjadikan motivasi bagi Wakil Bupati Donggala ini maju sebagai calon bupati. Dengan dukungan 7 kursi di parlemen, pasangan mantap menhadapi Pilkada 2018.

Dengan lengkapnya dukungan partai politik kepada kedua srikandi ini, maka di Donggala sudah terdapat tiga pasangan calon yang ril lewat jalur partai politik yakni Kasman Lassa-Moh Yasin (Gerindra, PKS, PPP, PAN dan Nasdem). dr Anita B Nurdin-Abdul Rahman (PDIP dan Hanura) serta Vera Elena Laruni-Taufik M Burhan (Golkar dan Hanura).

Selain ketiga pasangan jalur partai politik, satu pasangan dari jalur independen hampir dipastikan lolos yakni Idham Pagaluma-M Yasin Lataka. Saat ini pasangan tersebut tengah proses memenuhi kekurangan dukungan KTP.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada 2018, 8-10 Januari ialah pendaftaran calon kepala dan wakil kepala daerah, baik jalur partai politik maupun jalur perseorangan. Setelah pendaftaran dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan 8-15 Januari sebelum ditetapkan sebagai peserta Pilkada oleh KPU Donggala.