Tuesday, 26 September, 2017 - 19:00

Dua Tower Emergency Telah Berdiri, PLN Mulai Uji Coba Senin

Ronggur Simanjuntak. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Teknisi PLN bekerja cepat menormalkan system kelistrikan dari PLTA Sulawana ke system Palu. Senin, 1 Mei 2017, PLN menjadwalkan akan uji coba koneksi, menyusul telah berdirinya dua tower emergency di Desa Tabalu Poso Pesisir.

“Dua tower sudah berdiri. Malam ini (kemarin,red) akan dimulai pemasangan konduktor, agar pada hari Senin nanti kita upayakan uji coba,” kata Asisten Manager Bagian Jaringan, PT. PLN Area Palu Ronggur Simanjuntak kepada Metrosulawesi di Posko PLN Palu, Jumat, 28 April 2017.

Ronggur berharap uji coba yang dilakukan pada Senin itu bisa berjalan lancar.

“Agar semua kekhawatiran warga bisa teratasi dan tidak lagi ada pemadaman bergilir,” ujarnya.

Ronggur mengimbau masyarakat  untuk bersabar. Teknisi PLN saat ini sementara berupaya semaksimal mungkin 1x24 jam mengatasi masalah tersebut hingga kondisi kelistrikan di Palu dan sekitarnya benar-benar normal kembali seperti semula. 

“Kami juga meminta kepada masyarakat untuk melakukan penghematan listrik, agar tidak terlalu banyak yang padam,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pada 24 April 2017, tepat pukul 08.28 pagi terjadi banjir bandang di Desa Tabalu, Poso Pesisir. Sehingga menyebabkan robohnya tower transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV yang menghubungkan Poso-Sidera.

“Kondisi ini menyebabkan terputusnya jaringan listrik ke empat Kabupaten diantaranya, Sigi, Kota Palu, Donggala, dan Parigi Moutong, maka otomatis terjadi pemadaman bergilir,” katanya.

“Daya mampu kita untuk hanya mengadalkan pembakit 35 MW khusus dalam Kota Palu saja, sehingga kita melakukan pemadaman sekitar 72 MW untuk beban puncak malam, 60 MW untuk beban puncak siang,” ujarnya.

Kata dia, pekerjaan tower ini dilakukan kurang lebih delapan hari, diprediksi tanggal 2 Mei diharapkan sudah selesai. Dalam pekerjaan ini dibagi dalam dua tahap, yaitu tower emergency kemudian pembangunan tower permanen.


Editor : Udin Salim

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.