Friday, 20 April, 2018 - 22:35

Dukcapil Morowali Terkendala Jaringan Internet

Rosnawati Mustafa. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Morowali Dra Hj Rosnawati M.Si mengungkapkan, tidak normalnya sistem jaringan menjadi penyebab pengurusan e-KTP terhambat.

Selain itu, proses juga biasa mengalami keterlambatan manakala petugas dari Dukcapil mendatangi daerah tinggal warga yang akan direkam, saat itu yang bersangkutan tidak berada di tempat. Akan tetapi, kalau hal-hal yang dimaksud sama sekali tidak terjadi maka pelayanan e-KTP bisa tepat waktu.

"Harus diakui hal-hal seperti itulah yang biasanya menjadi sebuah kendala.Dan kejadian seperti ini bukan hanya di Morowali tetapi akan dialami oleh semua daerah,"ucap Rosnawati di ruang kerjanya,Kamis 5 April 2018.

Mengenai persyaratan pengurusan e- KTP, hal ini juga berlaku sama dengan daerah lain, cukup membawa serta kelengkapan berupa bukti kartu keluarga (KK), dan keterlambatan terjadi semata-mata disebabkan karena persoalan teknis bukan akibat unsur kesengajaan.

"Tidak akan ada kesulitan kalau saja hambatan yang dimaksud tidak terjadi.Pelayanan di sini tetap berjalan seperti biasa. Kalau soal blanko tetap tersedia," katanya.

Di sisi lain saat terjadi keterlambatan pihak Dukcapil kerap dianggap sebagai penyebabnya. Sementara pihak Dukcapil juga tidak mengingginkan hal tersebut, dan justru berkeinginan agar masyarakat yang belum ada e-KTP bisa memilikinya.

Untuk Dukcapil Morowali sendiri kalau yang datang melakukan perekaman e-KTP setiap hari kerja jumlahnya sebanyak empat puluan orang. Beda dengan yang hendak memperoleh KK setiap harinya  mencapai seratusan orang.   


Editor: Syamsu Rizal