Saturday, 27 May, 2017 - 10:40

Dukung Hidayat Sebagai Cawagub, PAN Minta Kompensasi ke Partai Koalisi

Rusli Dg Palabbi. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Walaupun mulai melunak dan menerima keputusan partai pengusung mengajukan Hidayat Lamakarate dan Zainal Daud sebagai calon Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah, namun Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengajukan beberapa permintaan wujud kompensasi persetujuan itu.

Sekretaris DPW PAN Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi, kepada Metrosulawesi belum lama ini mengatakan, kiranya koalisi partai Gerindra, PAN, PKB dan PBB bisa dilanjutkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di tiga kabupaten, yakni Donggala, Parigi Moutong dan Morowali.

Menurut Sekretaris Komisi I DPRD Sulawesi Tengah tersebut, keinginan itu coba ditawarkan PAN pada partai pengusung yang memenangkan Longki Djanggola, pada pemilihan gubernur lalu, sebagai bentuk kompensasi tidak diakomodirnya PAN dalam mengusung nama calon Wakil Gubernur sisa masa jabatan 2016-2021.

“PAN mengharapkan ada pertemuan lanjutan sebelum gubernur mengirimkan dua nama ke DPRD, karena banyak hal perlu dibicarakan sekaligus diluruskan terkait dinamika politik selama ini,” kata Rusli Palabbi.

Salah satu perhatian serius PAN saat ini, yaitu menghadapi Pilkada serentak tahun 2018, dan itu akan ditawarkan kepada partai pengusung, berharap kerjasama bisa dilanjutkan.
 
“Semuanya bisa saja kami bicarakan dengan partai pengusung, karena PAN sudah menyiapkan kader terbaiknya maju pada Pilkada 2018. Kiranya partai pengusung bisa memberikan dukungan untuk itu,” kata Rusli Palabbi.

Dirinya melihat ada komunikasi yang terputus diinternal partai pengusung. Sehingga perlu dilakukan pertemuan guna menyambung kembali komunikasi itu. Selama ini, kata Rusli Palabbi, PAN tidak pernah memaksakan kehendak atas satu nama sebagai calon Wagub, polemik yang berkembang dimasyarakat karena adanya miskomunikasi.

“Jika komukasi ini bisa dibangun kembali banyak hal dapat dibicarakan kedepan, utamanya menyambut Pilkada serentak. Sejak awal kami mengaharapkan ada pertemuan lanjutan,” kata Rusli yang sudah menyatakan kesiapannya maju pada Pilkada Donggala.

Secara tegas juga Rusli mengungkapkan, apa yang sudah diputuskan oleh partai pengusung pada akhirnya juga pasti disetujui oleh PAN. Olehnya pertemuan lanjutan sangat penting untuk meluruskan perbedaan selama ini.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.