Monday, 23 July, 2018 - 06:23

Eselon IV Pemprov Lolos dari Nonjob

LOLOS DARI NONJOB - Para pejabat eselon IV Lingkup Pemprov Sulteng mengikuti pelantikan di halaman belakang Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jumat, 6 April 2018. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur H Longki Djanggola melantik ratusan pejabat eselon IV Lingkup Pemprov Sulteng di halaman belakang Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jumat, 6 April 2018.

Rencana pelantikan sebelumnya telah diungkapkan Gubernur Longki saat melantik pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Ruang Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, pada Rabu, 28 Maret 2018.
 
“Pelantikan Eselon IV akan dilakukan minggu depan (minggu ini,red). Mungkin, ini mungkin ya, sebagian Eselon IV akan nonjob,” ujar Longki saat itu.

Namun lewat pelantikan yang dilakukan Longki, kegelisahan para pejabat eselon IV terjawab sudah karena akhirnya tak ada yang dinonjobkan. Hanya saja dikatakannya dengan terpaksa ada pejabat ditempatkan tidak sesuai SDM yang dimiliki.

“Saudara-saudara harus bisa menerima dengan ikhlas dan penuh kesyukuran dimanapun ditempatkan, sebab tidak ada satupun yang dinonjobkan,” ucap Longki.

Kata Longki, para eselon IV lolos dari nonjob merupakan bukti perhatiannya sebagai pimpinan. Olehnya ditegaskannya kembali, para pejabat eselon IV harus bersyukur karena tetap bisa memiliki jabatan.

Ancaman nonjob sebelumnya dia katakan karena posisi jabatan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah ASN yang telah memenuhi persyaratan menjabat sebagai Eselon IV. Hal itu akibat diberlakukannya regulasi tentang pemerintahan daerah ditindaklanjuti melalui Peraturan Gubernur Sulteng Nomor 1 tahun 2018, dimana sejumlah OPD terpaksa dihapus dan dilebur.

“Jadi karena regulasi itu ada sembilan jabatan eselon IV yang hilang, makanya dengan terpaksa sebagian penempatan saudara-saudara tidak sesuai kompetensi,” tutur gubernur.

Namun menurut gubernur, dimanapun seorang ASN ditempatkan harus siap dan harus bisa menyesuaikan diri. Semuan jabatan dinilai sama tergantung bagaimana menempatkan diri dalam mengemban amanah yang dipercayakan.

“Tidak ada istilah dalam diri saya jabatan itu kering atau basah, semuanya sama, semua tergantung diri kita masing-masing. Saya berharap saudara-saudara cepat menyesuaikan diri dengan dinamika yang bergulir di tempat kerja baru, pelajari dan laksanakan tupoksi, rangkul dan berdayakan para staf yang dibawahi. Buat teamwork yang solid dan suasana kerja yang enjoy, tetap hormati dan taati pimpinan, serta paculah kinerja diri supaya tiap kegiatan yang diprogramkan bisa cepat dieksekusi sesuai sasaran dan jadwal yang ditetapkan,” tandas gubernur.


Editor: M Yusuf Bj