Saturday, 23 June, 2018 - 01:10

Fakultas Tarbiah IAIN Palu Pindah ke Kampus II Sigi

DIRESMIKAN - Tampak Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, bersama Gubernur Sulteng diwakili Staf Khusus Noma Mardjanu pada peresmian kampus IAIN II Palu di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Jumat, 9 Maret 2018. (Foto: Firmansyah/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com - Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta SSos MSi mengapresiasi peresmian gedung kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) II Palu, Jumat, 9 Maret 2018. Bahkan kampus IAIN II Palu, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang berada di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru ini dianggapnya sebagai kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Sigi.

Orang nomor satu di lingkup Pemda Sigi itu mengatakan, pembangunan kampus IAIN II Palu di Kabupaten Sigi diyakini dapat memperhatikan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat setempat.

Kata dia, hak-hak dasar tersebut diakui secara umum  antara lain terpenuhinya kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, perumahan, air bersih, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Hal tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi saling mempengaruhi satu sama lain. Sehingga tidak terpenuhinya satu hak dapat mempengaruhi pemenuhan hak yang lain.

“Saya berharap langkah untuk meningkatkan dunia pendidikan mendapat respon dan dukungan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, perlu disadari bersama terkait tanggung jawab pendidikan bukan hanya terletak pada pemerintah semata. Akan tetapi  tanggung jawab dunia pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Karena dengan peningkatan kualitas pendidikan dinilai mampu mewujudkan Sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keterampilan serta lebih berkualitas.

“Saya mengucapkan selamat atas peresmian gedung IAIN II Palu. Semoga bermanfaat bagi kemajuan pendidikan khususnya pendidikan agama Islam. Kemudian mampu mencetak para mahasiswa yang berdaya saing dan menjadi kebanggaan bagi daerah, bangsa, dan agama,” pungkasnya.

Dua gedung perkuliahaan berlantai tiga IAIN Palu di Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin.

"Insya Allah tahun 2019 kita akan menambah lagi pembangunan gedung kuliah baru IAIN Palu di Sigi," ungkap Dirjen Pendis Kemenag Kamaruddin Amin saat menyampaikan sambutan pada peresmian dua gedung tersebut.

Kamaruddin Amin mengaku bangga dengan dukungan Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta yang akan menyerahkan tanah untuk pengembangan kampus tersebut di Sigi seluas kurang lebih 50 hektare.

Karena itu, Kamaruddin Amin mengaku malu bila Pemkab Sigi telah memberikan lahan kemudian tidak ditindaklanjuti dengan pembangunan.

"Saya selaku Dirjend Pendidikan Islam merasa malu, bila lahan yang diberikan tidak dimanfaatkan. Karena itu kita akan berupaya untuk menambah, melanjutkan pembangunan gedung kuliah di Sigi," katanya.

Dirjen juga menyebut bahwa dirinya akan berupaya membantu IAIN Palu untuk mendapat Surat Berharga Syariat Negara (SBSN) untuk pembangunan lanjutan gedung perkuliahan.

Diketahui, Kementerian Agama memberikan kepercayaan kepada IAIN Palu untuk mengelola dana SBSN kurang lebih senilai Rp35 miliar yang diperuntukan bagi pembangunan Kampus II IAIN di Sigi. (fir/ant)  


Editor: Syamsu Rizal

Tags: