Monday, 29 May, 2017 - 08:12

Festival Kuliner Siap Digelar di Palu, Hadirkan 100 Jenis Masakan Berbahan Kelor

RAPAT - Suasana pertemuan di kantor Disparekraf Sulteng membahas pelaksanaan Festival Kuliner yang rencananya digelar di Palu, November 2016. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi berbagai varian kuliner khas daerah Sulawesi Tengah, bersiaplah menyambut Festival Kuliner. Kegiatan ini akan digelar secara meriah di Palu, Sulawesi Tengah pada November 2016.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulawesi Tengah Norma Marjanu mengungkapkan, pada festival tersebut akan dihadirkan 100 jenis masakan serba kelor. Selain itu, makanan berbahan non beras, dan makanan serba ikan.

Norma Mardjanu menjelaskan, pihaknya telah menggelar rapat bersama Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Sulteng sebagai persiapan festival tersebut. Belum ada jadwal pasti pelaksanaan festival ini, namun direncanakan pada minggu ketiga November 2016.

Dia mengatakan, tujuan festival ini mempromosikan kuliner khas daerah Sulawesi Tengah.

“Sekaligus mencari menu yang sesuai standar kuliner nasional yang akan kami usulkan sebagai menu nasional untuk kuliner khas daerah Sulteng setiap bulan disajikan di Istana Negara,” jelas Norma Mardjanu.

Selain itu, melalui festival ini membiasakan masyarakat untuk selalu menyajikan menu tradisional setiap acara seremoni seperti masakan yang berbahan dasar kelor. Dengan demikian, maka permintaan bahan baku kelor meningkat dan masyarakat petani juga akan merasakan dampak positif.

“Bisa meningkatkan produksi pertanian. Jadi dengan festival ini diharapkan akan mendorong peningkatan kesejahteraan petani kita di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Selain itu, “Kita juga berharap festival ini dapat menginspirasi pihak perhotelan agar juga selalu menyajikan kuliner khas daerah.”

Adapun festival ini digelar atas kerjasama Disparekraf Sulawesi Tengah dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng. Selain itu, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sulteng yang diketuai Ny Zalzulmida Djanggola.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.