Thursday, 16 August, 2018 - 20:03

Finish Etape 4 TdCC Diubah

TdCC 2017. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Tim survei provinsi bersama perwakilan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) merampungkan survei etape 4 Parigi Moutong-Sigi pada Senin, 6 Agustus 2018.

Dari hasil survei yang dilakukan, Race Direktor TDCC 2018, Hasan menerangkan finish etape 4 yang sedianya di Patung Topeaju Desa Bor diubah menjadi di depan Kantor Bupati Sigi lama di Desa Lolu Kecamatan Biromaru.

“Ada perubahan, finish yang sedianya di Patung Topeaju Desa Bor, setelah suvei tahap kedua ini dilakukan perubahan tempat  finis menjadi di depan kantor bupati lama,” terang Hasan.

Dia juga menerangkan etape 4 Parigi Moutong-Sigi yang mencapai panjang 111,7 KM sesuai hasil survei menunjukkan bahwa jalur kebun kopi masih dalam tahap proses perbaikan. Namun sesuai konfirmasi kepihak Balai jalan setempat diketahui penyelesaian pekerjaan diupayakan sebelum pelaksanaan TdCC  berlangsung.

Sementara itu, Kepala sekretariat TdCC 2018, Muchsin Pakaya menjelaskan dukungan pemerintah Kabupaten Parigi Mautong sebagai titik start etape 4 sangat positif, demikian pula  pemerintah Kabupaten Sigi.

“Ketika survei tahap ke 2 ini dinas-dinas terkait juga ikut dalam rangkaian survei TdCC sehingga untuk menentukan titik finish di depan kantor bupati lama telah disepakati bersama oleh  Pemda Kabupaten Sigi,” ucap Muchsin.

Dia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten terkait yang dilalui jalur TdCC 2018 karena telah mendukung seluruh pelaksanaan survei. Selanjutnya tim survei akan melakukan peninjauan untuk etape 5 Donggala-Palu.

Seperti diketahui, sesuai kalender UCI dan rekomendasi ICF, TdCC 2018 akan dihelat pada 14 sampai 18 Oktober mendatang. Total ada 6 kabupaten yang dilalui yaitu Banggai, Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Sigi dan Donggala. Sementara 1 kota yang dilalui sekaligus menjadi titik finish etape yaitu Kota Palu. Total jarak tempuh TdCC 2018, mencapai 738,6 KM terbagi dalam 5 etape.

Lima etape TdCC 2018, rinciannya yakni etape satu Kabupaten Banggai, titik start di RTH Teluk Lalong, Luwuk dan finish di Rambu SPBU Kecamatan Bunta dengan jarak tempuh 132,2 KM. Dietape satu diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 3 jam 43 menit.

Etape II Kabupaten Tojo Unauna menuju Poso, titik start di Objek Wisata Pantai Pasir Putih dan finish di Kota Poso dengan jarak tempuh 162,6 KM. Dietape II diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 4 jam 15 menit.

Etape III Kabupaten Poso menuju Parigi Moutong, titik start di Objek Wisata Air Terjun Saluopa dan finish di depan Kantor Bupati Parigi Moutong dengan jarak tempuh 204,1 KM. Dietape III diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 5 jam 10 menit.

Etape IV Kabupaten Parigi Moutong menuju Kabupaten Sigi, titik start di depan Kantor Bupati Parigi Moutong dan finish di Tugu Topeaju, Bora, Sigi dengan jarak tempuh 111,7 KM. Dietape IV diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 3 jam 6 menit.

Terakhir etape V Kabupaten Donggala menuju Kota Palu, titik di Lapangan Sepak Bola desa Watatu, Banawa Selatan Donggala dan finish di depan Kantor Gubernur Sulteng dengan jarak tempuh 127,7 KM. 

Di Kota Palu menjadi finish akhir etape yang total keselurahan jarak tempuh mencapai 738,6 KM. TdCC II akan diikuti oleh 20 tim pebalap terdiri dari pebalap Nasional dan Internasional. Setiap tim terdiri atas 5 pebalap dan 3 official dengan jumlah total 160 orang. Total hadiah yang disiapkan panitia mencapai Rp1,3 miliar. 

 

Editor: M Yusuf Bj

Tags: