Wednesday, 29 March, 2017 - 17:17

Foto Warga Palestina Lindungi Polwan Israel Menuai Pujian

Shaul Golan berhasil membidik momen indah tatkala dua warga Palestina melindungi polisi wanita Israel.

Palestina, Metrosulawesi.com - Dua orang warga Palestina melindungi seorang polisi wanita Israel dalam sebuah foto yang menunjukkan sikap kasih sayang pada sesama. Foto yang cepat tersebar secara viral melalui media sosial ini membuat kagum banyak orang atas sikap penduduk Palestina kontras dengan perilaku warga Israel.

Polwan itu diselamatkan dari lemparan batu yang dilancarkan oleh pemukim Yahudi. Tanpa alat pelindung ia tampak ketakutan dan hampir menangis tatkala terjebak pada bentrokan antara aktivis anti pendudukan dengan pemukim ekstrimis Yahudi.

Foto diambil oleh Shaul Golan, fotografer dari surat kabar Yedioth Ahronoth saat ia meliput bentrokan di Aish Kodesh Tepi Barat.  Wartawan harian Hadshot Igal Sarna kemudian mengunggahnya di akun facebook awal Agustus yang akhirnya menjadi perhatian dunia.

"Ini adalah foto yang indah yang saya lihat selama bertahun-tahun di wilayah pendudukan. Minoritas Yahudi menjadi ideot dan orang Palestina yang terusir menjadi manusia," tulis Igal Sarna di dinding facebooknya.

Hingga berita ini diturunkan, foto telah disukai 2.731 dan dibagi sebanyak 2.358.



Berbagai tanggapan positif dalam media sosial muncul atas foto ini.

Akun Omer Naor warga Tel Aviv berkomentar, foto tersebut hanya menunjukkan proyek pendudukan selama 50 tahun telah gagal melindungi warganya dari ketakutan.

"Negara Sodom dan Gomorrah. Perlu revolusi bukan reformasi," kata Uri Breitman warga Israel mengkritik negaranya.

Namun ada juga yang mencoba meragukan foto tersebut seperti Nir Gontarz, wartawan The Seven Eye dari Israel.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.