Tuesday, 21 November, 2017 - 07:18

Gaji 13 Belum Pasti

ILUSTRASI - Pencairan gaji 13 dan 14 atau THR sampai saat ini belum ada kepastian. (Grafis : Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng tampaknya harus bersabar, sebab sampai saat ini pencairan gaji 13 dan 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) belum ada kepastian.

“Belum ada informasi pasti terkait gaji 13 dan THR. Biasanya dasar pencairannya melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang sampai saat ini belum turun,” ujar Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sulteng, Sudirman, Senin, 5 Juni 2017.

Dia menuturkan, apabila PMK telah turun, gaji 13 dan THR dipastikan langsung akan didistribusikan untuk dicairkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPN) setempat.

“Jadi saya belum tau kapan pencairannya karena belum kami terima PMK itu. Cuma yang pasti kalau sudah turun langsung dibayarkan lewat KPN,” tuturnya.

Karena belum turunnya PMK tersebut, Sudirman juga tidak mengetahui nominal gaji 13 dan THR yang akan dicairkan nanti. Hanya saja kata dia, kemungkinan pencairan dilakukan bersamaan pada bulan ini.

Itu mengacu dari tujuan gaji 13 yang diperuntukkan memenuhi pembiayaan pendidikan ajaran baru bersamaan penggunanaanya dengan gaji THR karena lebaran tahun ini tepat pada akhir Juni.

Sementara dari Jakarta, Menteri Keuangan Sri Mulyani  menyebutkan alokasi anggaran gaji ke-13 dan THR ASN, anggota POLRI, prajurit TNI dan pejabat negara sudah ditetapkan.

Menteri Sri Mulyani menyebutkan, anggaran yang disediakan untuk gaji ke 13 dan THR sebesar Rp 23 triliun.

Namun jika ada perubahan, kata dia, pihaknya akan mencari penambahan.

"Sudah ditentukan alokasinya, kecuali ada instruksi Presiden untuk penambahan ya kita akan cari," kata Menteri di Jakarta, Kamis, 1 Juni pekan kemarin.

Dia mengatakan gaji ke 13 untuk ASN sudah disiapkan dan tinggal menunggu pencairan. Selain itu juga sudah dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Sudah dibahas, tinggal tunggu timing-nya saja, seperti tahun lalu gaji ke 13 kita bayarkan, mendekati hari raya kita bayarkan. Total anggaran sudah masuk dalam APBN 2017 dan tinggal menunggu pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP) dan PMK,” tandasnya.


Editor : Udin Salim

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.