Wednesday, 20 June, 2018 - 13:54

Garnita NasDem Sulteng Kerjasama P4CBL Operasi Bibir Sumbing

USAI OPERASI – Dokter yang terlibat dalam operasi bibir sumbing foto bersama pasien dan pengurus Garda Wanita Nasdem Sulteng, Kamis 28 Desember. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Garda Wanita (Garnita) DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah, bekerjasama dengan Smile Center Sulteng melaksanakan bakti sosial operasi bibir sumbing. Dengan tujuan agar penderita bibir sumbing ini dapat tersenyum.

“Kami terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa operasi bibir sumbing itu, sangat membantu bagi para penderitanya,” kata Ketua Garnita DPW Partai NasDem Sulteng Rostin Tumaloto SH, kepada Metrosulawesi di Rumah Sakit Sis Aljufri Palu, Kamis, 28 Desember 2017.

Rostin mengatakan selama ini mungkin masyarakat terkendala biaya operasi, atau takut dan mendengar mitos-mitos bahwa bibir sumbing tidak boleh dioperasi. Padahal itu sebenarnya tidak demikian. 

“Setelah kami berikan pemahaman dan adakan seperti ini, akhirnya mulai muncul para penderita bibir sumbing, yang tadinya kita cari tidak ada, ternyata banyak di Sulteng penderita tersebut,” ujarnya.

Rostin mengungkapkan masih banyak masyarakat penderita bibir sumbing takut dan malu untuk dioperasi. Namun Garnita DPW Partai NasDem Sulteng terus memberikan imbauan dan motivasi kepada keluarganya agar melakukan operasi. Ini juga demi kebaikan penderita bibir sumbing tersebut.

“Jika ingin dioperasi keluarganya yang penderita bibir sumbing, tinggal lapor saja kepada anggota Garnita NasDem Sulteng dan itu tanpa memungut biaya sedikitpun. Jadi pihak Garnita bekerjasama dengan Smile Center menanggung semua biaya rumah sakit,” katanya.

Kerjasama Garnita kata Rostin, akan berlanjut terus biarpun satu orang yang dioperasi, yang jelas Smile Center siap melaksanakan operasi itu.

“Kami siap menjemput pasien penderita bibir sumbing itu, untuk kami operasi. Sehingga diharapkan penderita bibir sumbing ini bisa tersenyum dan kembali kepercayaan dirinya,” ungkapnya.

Operasi bibir sumbing kemarin berjalan lancar. Ada dua pasien yang menjalani operasi. Yaitu, Muhammad Tawakal (40 tahun) berasal dari Poso dan Azifa Reskiyana, bayi 2 tahun dari Kota Palu.

drg Moh Gazali Malik SP BM M.Kes (MARS) mengungkapkan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut kerjasama antara Garnita DPW Nasdem Sulteng dengan Pusat Pelayanan Parpurna Penderita Celah Bibir, dan Langit-Langit (P4CBL) Siti Masyithah Sulteng. Tujuannya  bersama-sama membatu para penderita celah bibir langit-langit yang ada di Sulteng.

“Kami dari tim P4CBL sebagai teknisnya, dan untuk Garnita berhungan serta langsung berkoordinasi dengan pasien di lapangan,” katanya.

dr Gazali mengatakan sebenarnya jika orangtua sudah  mengerti bagi anaknya penderita celah bibir langit-langit, karena anaknya itu dilihat bukan hanya karena menderita begitu terus tetapi karena masa depanya.

“Karena anak itu mau sekolah, bersosialisasi dengan teman-temannya, jika merasa dirinya lain tentunya pasti malu dan minder. Olehnya itu operasi itu peting dilakukan oleh penderita bibir sumbing,” kata dr Gazali.

Ketua Garnita DPW Partai NasDem Sulteng AKPB (P) Rostin Tumaloto SH, didampingi salah satu Pengurus DPW Partai NasDem Reny Abdan, S.Sos dan Psikolog Idris Y Min’un, untuk melaksanakan Baksos pada penderita bibir sumbing selama dua hari di RS Sis Aljufri Palu.


Editor : Udin Salim