Thursday, 16 August, 2018 - 20:09

Gelar Milad ke-35 dan Wisuda ke-47, Rektor Unismuh Palu Minta Jaga Nama Baik Almamater

BERI SAMBUTAN - Rektor Unismuh Palu Rajindra saat menyampaikan sambutan di acara wisuda beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

Hari ini, Sabtu, 3 Agustus 2018, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu memperingati milad ke-35 sekaligus menggelar wisuda sarjana ke-47 dengan menamatkan 369 wisudawan/wisudawati yang tersebar di 17 program studi (prodi) yang ada di kampus tersebut, kegiatan itu dilaksanakan di salah satu hotel di Palu.

REKTOR Unismuh Palu Dr H Rajindra SE MM saat menyampaikan pesannya kepada wisudawan mengatakan, keberhasilan para wisudawan, tentunya atas izin dan perkenan Allah Swt dan dukungan moriil maupun meteriil yang tak terhingga dari orangtua, saudara, keluarga, sahabat, dan semua pihak yang turut ambil bagian dalam penyelesaian studi, sehingga dapat mengikuti wisuda saat ini.

“Gelar kesarjanaan yang telah anda raih dan ilmu yang anda miliki, bukan menjadikan anda berbangga diri, namun jadikan sebagai lentera atau cahaya yang akan menerangi jalan kehidupan yang gelap, di pundak  kalian dititipkan harapan dan tanggung jawab yang besar sebagai agen pembaharu calon pemimpin masa depan bangsa dan negara,” ujar Rajindra.

Rajindra mengatakan sebagian dari  wisudawan dan wisudawati akan memasuki dunia kerja serta  kehidupan bermasyarakat, kehidupan yang akan dihadapi adalah kehidupan yang sangat kompleks penuh dengan dinamika lika-liku kehidupan. 

“Oleh karenanya kecerdasan yang anda miliki jadikan sebagai formula dalam menjawab dinamika akan tuntutan kebutuhan hidup yang sangat kompleks tersebut,” katanya.

Rajindra pesan, alumni agar menjaga nama baik Universitas Muhammadiyah Palu sebagai wujud kecintaan kepada almamater.

“Jagalah akhlaq saudara, etika dalam berinteraksi, dan Jangan lalai dalam beribadah, setelah anda sarjana seharusnya semakin dekatlah saudara kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, kerena dengan semakin dekat kepada Sang Khaliq maka pertolongan dan kesuksesan yang anda cita-citakan Insyah Allah dapat tercapai,” ungkapnya.

Rajindra mengatakan dalam bekerja (berikhtiar) semata-mata adalah mencari ridha Allah SWT karena dengan ridha Allah SWT ikhtiar yang kita lakukan akan terasa mudah dan menuai barokah. 

Oleh sebab itu, kata dia, dahulukanlah pahala Allah sebelum kepentingan duniawi dengan  harapan dan syukur adalah kunci ridha Allah SWT sebagaimana firmannya dalam surah Al- An kabut: 17. 

“Jadilah pribadi yang penuh semangat dan optimis dan jangan mudah putus asa, karena putus asa, bukanlah sifat-sifat orang yang beriman, yakinlah bahwa Allah SWT akan merubah nasib kita sepanjang kita selalu berusaha dengan keras untuk merubah nasib itu menuju kepada kebaikan-kebaikan. (Q.S. Al-A’raf: ayat 11),” jelasnya.

Rajindra mengimbau, alumni Unismuh teruslah meng-update informasi sekaligus meng-upgrade wawasan saudara agar saudara selalu berada didepan serta senantiasa berjaya baik dikehidupan dunia maupun dikehidupan akhirat kelak. 

“Sebagaimana sabda Rasulillah SAW, barang siapa yang ingin berjaya dikehidupan dunia maka dia harus berilmu, barang siapa yang ingin berjaya dikehidupan akhirat maka dia harus berilmu, barang siapa yang ingin berjaya dikehidupan dunia dan kehidupan akhirat maka dia harus berilmu,” katanya.        

 

Editor: Udin Salim