Tuesday, 21 November, 2017 - 14:35

Genre Sulteng Diminta Cegah Nikah Dini

Staf Ahli Gubernur Hidayat Lamakarate bersama Kepala BKKBN Surya Candra Surapaty dan Duta Genre Sulteng 2017 saat malam puncak pemilihan di Hotel Sutan Raja Palu, Jumat malam, 5 Mei 2017. (Foto : Humas Pemprov)

Gubernur: 50 Persen Wanita Menikah Dibawah Usia 21 Tahun

Palu, Metrosulawesi.com - Keberadaan para duta Generasi Berencana (Genre) di Sulawesi Tengah diminta berperan dalam mencegah pernikahan dini. Selain pernikahan dini, peran Genre juga diharapkan menangani isu seks pra nikah dan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.

Hal ini disampaikan Gubernur Sulteng H Longki Djanggola melalui sambutan tertulis yang disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Moh Hidayat Lamakarate pada malam puncak pemilihan duta Genre 2017 tingkat Sulteng yang dihadiri Kepala BKKBN dr Surya Candra Surapaty di Hotel Sutan Raja Palu, Jumat malam, 5 Mei 2017.

“Saya berharap agar duta-duta Genre proaktif menyelesaikan masalah remaja dalam menyukseskan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sulteng,” ujar gubernur.

Kata gubernur, berdasarkan data BKKBN, dari 796 ribu wanita usia subur di Sulawesi Tengah, sebanyak 459 ribu atau lebih 50 persen menikah dibawah usia 21 tahun. Karenanya, perlu upaya promotif dalam pendewasaan usia nikah dikalangan remaja yang sesuai dengan siklus kesehatan reproduksinya.

Olehnya melalui staf ahlinya Hidayat, pemilihan duta Genre merupakan langkah tepat dalam melibatkan remaja mencegah dan menangani tiga isu utama dikalangan remaja yaitu pernikahan dini, seks pra nikah dan narkoba. Selain hal tersebut, kegiatan malam itu dikatakannya bisa sebagai strategi mengukur prestasi dengan mencari duta-duta yang kompeten dan yang paham pentingnya tujuan Genre.

"Kiranya kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian dan partisipasi generasi muda menggaungkan Genre,” tandas gubernur.

Sementara itu, Kepala BKKBN dr Surya Candra Surapaty berpesan agar pernikahan dilakukan karena rencana, bukan bencana. Pesan ini ditujukan pada duta-duta genre Sulteng agar kiranya mempersiapkan masa depan dengan matang.

"Anda semua anak-anakku pada 2045 sudah harus jadi pemimpin Indonesia, maka siapkan jiwa kepemimpinan sejak sekarang yang harus dimulai dari keluarga," tuturnya.

Berdasarkan keputusan dewan juri akhirnya terpilih duta Genre Sulteng dari jalur kemasyarakatan putra-putri yaitu Restu Dwi dan Istiqomah. Sedang dari jalur pendidikan putra-putri terpilih Ghazali Rismula dan Nurul Nabila.

Mereka berhasil menyisihkan lebih kurang 234 peserta mulai tahap audisi sejak 22 April sampai acara puncak malam pemilihan itu.

"Kuatkan karakter remaja dan citra positif Genre dengan menyebarluaskannya," ucap Surya saat menyerahkan penghargaan.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.