Sunday, 28 May, 2017 - 18:40

Ginjal Sehat Untuk Semua

ILUSTRASI - Pemeriksaan ginjal di Prodia. (Grafis : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Ginjal adalah salah satu organ penting yang berperan dalam sistem metabolik tubuh. Fungsi utama ginjal yaitu menyaring darah dari zat-zat yang tidak berguna (racun atau toksin dan air berlebih) untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin. Selain itu, ginjal juga membantu mengontrol tekanan darah dan memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika ginjal mengalami gangguan, zat-zat yang tidak berguna akan menumpuk dalam tubuh sehingga menimbulkan berbagai jenis penyakit. Misalnya, infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, batu ginjal, kanker ginjal dan penyakit lainnya.

Apabila ginjal telah mengalami gangguan atau rusak, beberapa cara yang harus dilakukan yaitu: 1) upaya pengobatan yang mengharuskan penderita mengonsumsi obat dalam jangka panjang atau bahkan seumur hidup, 2) hemodialisis / cuci darah untuk mengeluarkan racun yang terkandung dalam darah, atau 3) membuang ginjal yang rusak, dimana hal ini hanya dapat dilakukan jika salah satu ginjal masih dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal adalah tindakan yang harus dilakukan sedini mungkin. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya, rajin minum air putih sesuai kebutuhan, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, mengurangi konsumsi garam, menjaga berat badan ideal, rajin berolahraga dan melakukan pemeriksaan laboratorium secara berkala untuk memantau fungsi ginjal.

Pemeriksaan laboratorium yang dianjurkan untuk memantau fungsi ginjal yaitu Cystatin C dan Albumin Urin Kuantitatif (AUK). Pemeriksaan Cystatin C dilakukan dengan menggunakan sampel darah untuk mengetahui estimasi laju filtrasi glomerulus (eLFG), yakni berapa banyak darah yang disaring oleh glomerulus (unit penyaring ginjal) dalam satu menit. Nilai eLFG akan mencerminkan apakah fungsi ginjal masih berjalan dengan baik. Sedangkan pemeriksaan AUK dilakukan dengan menggunakan sampel urin untuk mengetahui apabila terdapat kebocoran protein (albumin) dalam urin, karena secara normal protein tidak terbuang bersama urin.

Melalui gaya hidup sehat dan pemeriksaan rutin, perlindungan bagi ginjal Anda menjadi sempurna. Jangan tunggu sampai terlambat, berikan perhatian bagi ginjal Anda sedini mungkin. Memperingati hari ginjal sedunia, manfaatkan keringanan biaya 20% untuk pemeriksaan Cystatin C dan Albumin Urin Kuantitatif (AUK) selama Maret 2017.

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia, Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639).

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.