Friday, 20 July, 2018 - 01:21

Golkar tak Calegkan Aminuddin Ponulele

Ilustrasi. (Grafis: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Prof (Em) Drs H Aminuddin Ponulele, tidak masuk dalam daftar Caleg Partai Golkar untuk Pemilu 2019. Hal ini ditegaskan Sekretaris DPD I Golkar Sulawesi Tengah, Amran Bakir Nai, Selasa 10 Juli 2018.

Ditemui Metrosulawesi di kantor Golkar Sulawesi Tengah, Amran menegaskan hingga saat ini Aminuddin Ponulele tidak memasukkan berkas pendaftaran sebagai Caleg dari Golkar. Hal ini membuat Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu hampir pasti tidak maju lagi sebagai anggota DPRD dari partai belambang pohon beringin itu.

“Sampai detik ini pak Aminuddin tidak memasukkan berkas calegnya, makanya Golkar tidak mengajukannya lagi sebagai caleg,” tegas Amran.

Lanjut Amran, meskipun Aminuddin Ponulele memasukkan berkas pendaftaran celeg, Golkar tidak serta merta mengusungnya, sebab ada mekanisme di tubuh partai yang harus dilewati, salah satunya usulan dari partai di tingkat kabupaten.

Soal rumor Aminuddin Ponulele pindah ke Partai Berkarya, Amran mengaku belum mengetahui hal itu. Karena sejauh ini mantan gubernur Sulawesi Tengah tersebut belum mengajukan pengunduran diri sebagai kader Golkar. 

“Kalau surat pengunduran diri pak Aminuddin Ponulele masuk ke Golkar, kami segera memprosesnya, termasuk melakukan Penggantian Antar Waktu (PAW),” tandas Amran.

Beberapa hari terakhir rumor Aminuddin Ponulele pindah ke Partai Berkarya menjadi kejutan politik di Sulawesi Tengah. Hal itu diperkuat dengan beredarnya foto Kartu Tanda Anggota (KTA) Parti Berkarya atas nama Aminuddin Ponulele.

Mantan Ketua DPD I Golkar Sulawesi Tengah itu dikabarkan menjadi caleg di Berkarya untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Donggala-Kabupaten Sigi.

Meskipun kemudian beredar surat pernyataan bahwa Aminuddin tidak pernah mendaftar ke Berkarya. Hal itu diakui oleh Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulawesi Tengah, Vera Mastura. Surat tertanggal 5 Juli 2018 dan bermaterai itu benar dari Aminuddin Ponulele.

“Saya juga langsung mendapat info dari keluarga beliau (Aminuddin Ponulele) yang mana surat pernyataan itu langusng dari beliau,” tulis Vera via whastapp. 

Namun hal itu dianggap hanya mengulur waktu saja. Karena informasi yang dihimpun media ini, Aminuddin Ponulele sementara mengurus kelengkapan berkas sebagai syarat calon, salah satunya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polda Sulawesi Tengah. 

 

Editor: Udin Salim