Monday, 20 August, 2018 - 11:34

Grup Astra Agro Gelar Bakti untuk Negeri

BUKA PUASA - Foto bersama dengan wartawan usai buka puasa di Poso, Senin 28 Mei. (Foto: Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - PT Astra Agro Lestari Tbk menggelar program “Bakti untuk Negeri”. Kegiatan yang diselenggarakan sepanjang tahun 2018 ini bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Astra Agro yang ke-30.

"Program kegiatan dibagi dalam empat bidang besar, yaitu program pelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan pendidikan masyarakat, dan peningkatan kesehatan masyarakat, yang diadakan di sekitar kebun-kebun Grup Astra Agro," ujar Triyanto, Community Development Area Manager Celebes 2, saat mengadakan buka puasa bersama wartawan di Poso, Senin 28 Mei 2018.

Di area C2, menurut Triyanto, kegiatan yang sudah dilaksanakan di antaranya program Astra Mengajar yang diadakan di PT Cipta Agro Nusantara (CAN), pemberian buku pelajaran untuk PAUD yang dilakukan PT CAN, ANA dan PT Rimbunan Alam Sentosa (RAS) program kemitraan pembinaan desa di PT CAN dan Sawit Jaya Abadi 2 (SJA), serta kegiatan Donor Darah di PT Agro Nusa Abadi (ANA). Kegiatan bermanfaat lainnya akan diselenggarakan selama tahun 2018 ini.

Seluruh bidang yang ditujukan untuk kebutuhan masyarakat itu dirancang sesuai dengan misi perusahaan yang ingin ‘menjadi panutan dan berkontribusi pada pembangunan dan kesejahteraan bangsa. Itu sebabnya, bersamaan dengan perayaan HUT ini, perusahaan juga mengusung moto "prosper with the nation".

Bagi Astra Agro, menurut Triyanto, masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan yang harus ikut tumbuh dan berkembang bersama.

Program semacam ini tidak hanya diselenggarakan di area C2, melainkan di seluruh anak perusahaan Grup Astra Agro, baik yang ada di Sulawesi, Kalimantan, maupun Sumatera.

Pada bidang lingkungan, Grup Astra Agro, akan melakukan penanaman mangrove di 3 area.  Masing-masing area, Astra Agro akan menanam 30 ribu pokok mangrove. Selain mangrove, di tiga area juga akan ditanam 30 ribu pohon langka. Upaya menjaga kelestarian lingkungan juga dilakukan dengan menciptakan 30 Duta Konservasi.

Sedangkan dari bidang peningkatan ekonomi masyarakat, Grup Astra Agro akan meremajakan 3.000 hektar lahan sawit mitra, pembinaan petani sawit mitra di 3.000 desa sekitar, pembiayaan untuk kebutuhan sarana dan prasarana produksi tanaman (saprotan) dengan nilai yang mencapai Rp 30 miliar, dan pemberian bantuan sebesar 30 ribu bibit sawit.

Upaya peningkatan perekonomian masyarakat juga dilakukan dengan menciptakan 300 paguyuban mandiri, menanam 3.000 pohon bernilai ekonomis di tiga area dan pemberian bantuan 30 proyek budidaya ikan dan ayam.

Yang tidak kalah menarik adalah program-program di bidang pendidikan. Di bidang ini, Grup Astra Agro menggelar program mengajar ke beberapa tempat dengan total jam pelajaran mencapai 3000 jam, pemberian bantuan buku sebanyak 3.000 buku untuk tiga area, pelatihan 3.000 tenaga pengajar (guru).

Grup Astra Agro juga akan memberikan bantuan perlengkapan untuk 30 taman bacaan desa, pembentukan 30 sanggar seni dan budaya, serta pemberian beasiswa di 300 desa sekitar.

Sementara di bidang kesehatan masyarakat, Grup Astra Agro akan menggelar Donor Darah sebanyak 3.000 kantong darah, melakukan pembinaan terhadap 300 posyandu desa di tiga area, pemberian bantuan imunisasi kepada 3.000 anak, serta melakukan Sunatan Masal kepada 3.000 anak. 


Editor: Udin Salim