Monday, 20 November, 2017 - 03:41

Gubernur Dorong BPS Sulteng Sajikan Data Berkualitas

PERESMIAN - Gubernur Sulteng dan Kepala BPS RI menandatangani plakat presmian gedung Kantor BPS disaksikan Kepala BPS Sulteng di Palu, Rabu (20/4/2016). (Foto : Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola mendorong Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng agar menyajikan data yang lebih berkualitas dan mendalam. Menurutnya, data dalam berbagai aspek sangat diperlukan untuk penentuan maupun tolak ukur keberhasilan suatu program.

Demikian disampaikan Longki Djanggola dalam sambutannya saat mendampingi Kepala BPS RI meresmikan Kantor BPS Sulteng dan Toli- Toli di Palu, Rabu (20/4/2016).

"Saya minta dengan adanya gedung baru ini dapat memacu semangat kerja khususnya untuk penyediaan data yang lebih berkualitas dan menjadi hal penting saat ini," kata Longki.

Longki menyayangkan data-data inflasi yang dilaporkan BPS setiap bulannya hanya diwakili perkembangan harga konsumen Kota Palu.

"Menurut saya data itu tidak memadai lagi untuk merepresentasikan pola komsumsi dan tingkat harga umum yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah," ungkapnya.

“Kinerja BPS harus lebih terfokus pada perbaikan tata data statistik yang lebih bersahabat dengan penggunanya, serta terus mengembangkan pelayanan online,“ tambahnya.

Longki mengatakan seharusnya BPS lebih peka dalam merespon tren kebutuhan masyarakat akan data dan pelayanan yang lebih baik. Setiap lembaga seperti BPS perlu menyiapkan kerangka sistem mutu ke arah yang sesuai dengan sasaran, yang berorientasi pada kepuasan pelanggan atau mitra kerja lembaga tersebut.

"BPS Sulteng harus terus menjaga kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mendukung penyediaan data yang berkualitas. Tingkatkan komunikasi dan sinegritas dengan jajaran SKPD, karena mereka adalah salah satu pengguna data sekaligus pelaksana sektoral,” pungkasnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.