Sunday, 17 December, 2017 - 16:14

Gubernur Harap Alumni Stikes Palu Topang Mutu Layanan Kesehatan

WISUDA STIKES - Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Rusdi Bachtiar mewakili Gubernur Sulteng di wisuda Stikes  Widya Nusantara Palu angkatan VI di Auditorium Mercure Hotel, Selasa, 14 November 2017. (Foto : Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Widya Nusantara Palu melepas 392 wisudawan angkatan VI di Auditorium Mercure Hotel, Selasa, 14 November 2017. Wisudawan terdiri atas program sarjana keperawatan 208 orang dan program profesi ners 75 orang.

Gubernur Sulteng melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Rusdi Bachtiar berharap para alumni bisa menjadi penopang dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di daerah ini.

“Kecenderungan dunia yang makin mengglobal menyebabkan mutu pelayanan kesehatan harus lebih ditingkatkan. Liberalisasi jasa pelayanan kesehatan kedepan akan berpotensi memberikan peluang kepada kita untuk berkiprah lebih jauh sebagai warga dunia,” ujar gubernur.

Mutu lulusan diharapkan juga sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat saat ini dan dimasa mendatang. Itu karena tuntutan terhadap peningkatan profesionalisme disegala bidang termasuk kesehatan sangat penting untuk menjawab tantangan pada era globalisasi seperti sekarang.

Hal tersebut sejalan dengan visi Kementerian Kesehatan RI yaitu terwujudnya masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan dan sesuai RPJMD Sulteng yaitu peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing berdasarkan keimanan dan ketakwaan.

Gubernur mengatakan pada beberapa waktu terakhir telah dicapai beberapa hal yang sangat signifikan dalam kemajuan pembangunan di bidang kesehatan sebagai langkah menuju masyarakat madani.

“Di bidang kesehatan telah terjadi peningkatan umur harapan hidup, cakupan program, termasuk efektifitas penurunan angka kesakitan, kematian ibu dan anak. Namun demikian masih perlu perhatian khusus seperti pada angka kematian ibu melahirkan dan anak. Sulteng tergolong belum menunjukkan penurunan yang signifikan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Stikes Widya Nusantara Palu Tigor H Situmorang menerangkan terhitung sejak tahun 2013 hingga 2017, Stikes Palu telah meluluskan 1.435 mahasiswa.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Berita Terkait