Wednesday, 19 September, 2018 - 11:18

Gubernur: Ingat! Jangan Gunakan Randis Mudik

MUDIK GRATIS - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola (kanan) melepas kendaraan yang mengangkut mudik gratis di Jalan Sam Ratulangi Palu, Kamis 7 Juni 2018. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengingatkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak menggunakan kendaraan dinas (randis) untuk keperluan mudik. Itu disampaikannya menindaklanjuti surat Menteri PAN-RB Nomor B/21/M.Kt.02/2018.

“Tidak boleh gunakan kendaraan dinas untuk mudik, sudah ada petunjuknya, yang jelas dilarang,” kata Longki saat ditemui usai melepas mudik gratis di jalan Sam Ratulangi Palu, Kamis, 7 Juni 2018.

Longki menegaskan apabila ada ASN yang menggunakan randis untuk mudik akan dikenakan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“PP 53 jelas mengatur kalau ada PNS yang melanggar akan disanksi mulai dari teguran. Mungkin juga termasuk akan berhubungan ke pembayaran gaji 13-nya,” ujar gubernur.

Sebelumnya gubernur juga telah mengimbau jajaran ASN agar tidak menambah libur. Sebab libur bersama Hari Raya Idul Fitri yang dimulai Senin, 11 Juni dan berakhir hingga 21 Juni sudah cukup panjang. Ia memberi peringatan, tidak ada dispensasi bagi pegawai yang bolos pasca libur panjang itu.

“Saya ingatkan juga, tidak ada toleransi satu hari pun tidak masuk kantor setelah libur. Tidak ada alasan. Ini luar biasa kebijakan yang diambil pemerintah,” kata dia saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Gubernur Sulteng, Senin 4 Juni 2018.

Gubernur Longki mengharapkan agar waktu libur itu dimanfaatkan dengan baik dalam momentum Lebaran 2018.

“Manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jaga nama baik daerah. Saya bersama jajaran mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1939 Hijriyah. Mohon maaf lahir batin,” tandas gubernur.


Editor: Udin Salim