Saturday, 25 November, 2017 - 04:06

Gubernur: Porda Korpri Sulteng Merupakan Ajang Evaluasi Prestasi Atlet

Wakil Ketua Pembina Korpri H Hidayat Lamakaratesaat melepas balon sebagai tanda dimulainya Pekan Olahraga Daerah (Porda) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang ke-3 Tahun 2016. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawasi.com - Pekan Olahraga Daerah (Porda) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang ke-3 Tahun 2016 resmi dimulai. Upacara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Pogombo, Kantor Gubernur, Rabu, 7 Desember 2016. Asisten Pemerintahan Moh Arif Latjuba bertindak sebagai Inspektur upacara mewakili Gubernur H Longki Djanggola.

Penyelenggaraan Porda ke-3 ini, diikuti peserta yang mewakili provinsi, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Poso, Tojo Unauna, Banggai Kepulauan, Tolitoli, Buol dan Banggai Laut.

Tujuh Cabang olahraga (Cabor) dilombakan meliputi tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, catur, senam Korpri, voli dan futsal. Adapun untuk tempat pertandingan antara lain menggunakan halaman Dinas Dikbud Sulteng untuk voli, GOR Cemerlang untuk bulutangkis, tenis meja di SD Madani, senam di kantor sekretariat Korpri dan catur di ruang baruga DPRD Sulteng.

Sejalan dengan tema "Melalui Porda KORPRI ke-3 Tahun 2016 Kita Tingkatkan Budaya Olahraga Dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Berdaya Saing", Gubernur Longki melalui sambutan tertulisnya mengapresiasi penyelenggaraan porda yang bertujuan membina prestasi, mempererat silaturahmi dan korsa anggota Korpri se Sulteng.

"Saya memandang strategisnya ajang porda ini untuk melihat dan mengevaluasi sejauh mana pencapaian prestasi atlet-atlet Korpri yang telah dibina selama ini di masing-masing kabupaten kota. Olehnya saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemerintah kabupaten dan kota se Sulawesi Tengah beserta pimpinan SKPD yang telah mengirimkan atlet-atletnya," kata asisten melanjutkan arahan gubernur.

Gubernur juga menegaskan bahwa pembangunan olahraga yang diupayakan saat ini melalui  peningkatan indeks pembangunan olahraga (sport development indeks) yaitu tersedianya sumber daya tenaga keolahragaan yang berkualitas. Selain itu pencapaian prestasi olahraga yang terus meningkat dan tumbuhnya budaya berolahraga di masyarakat.

Dengan begitu, ia berharap sasarannya dapat mewujudkan SDM yang berdaya saing, memiliki kebugaran, berkarakter dan berprestasi. Khusus aparatur PNS, keikutsertaan dalam porda Korpri diharapkan berimplikasi pada peningkatan kedisiplinan dan produktivitas pegawai.

Lebih lanjut, asisten mengatakan lewat Porda akan dipantau serta diseleksi sejumlah atlet PNS potensial yang akan dipersiapkan lebih lanjut, mewakili Sulteng ke ajang Pornas Korpri Tahun 2017 di Provinsi Riau.

"Tekunlah berlatih, manfaatkan sebaik mungkin ajang ini karena tidak ada prestasi yang diraih tanpa berlatih dan berkompetisi. Junjunglah tinggi sikap sportifitas dan bina terus kebersamaan dan kekompakan," tandas Asisten Arif Latjuba mengakhiri sambutan Gubernur Longki Djanggola.

Pembukaan Porda dihadiri Bupati Poso Darmin A Sigilipu, Kadis Pemuda Olahraga Yunan Lampasio, Wakil Ketua Pembina Korpri H Hidayat Lamakarate, Ketua KONI Sulteng dan Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Sulteng.

Pembukaan ditandai dengan pengguntingan balon oleh Wakil Ketua Pembina Korpri Hidayat Lamakarate. Porda sendiri akan berlansung hingga Jumat, 9 Desember 2016 dan akan ditutup oleh Plt Sekretaris Daerah Derry B. Djanggola.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.