Tuesday, 23 May, 2017 - 18:40

Gubernur Sulteng Belum Kirim Nama Cawagub

ILUSTRASI - Gubernur Longki Djanggola belum mengirimkan dua nama calon Wagub ke DPRD. (Grafis : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sesuai keputusan Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah, 2 Mei 2017 merupakan batas akhir bagi partai koalisi memasukkan dua nama calon Wagub, sayangnya hingga batas waktu yang diberikan dua nama belum juga diterima Panlih.

Ketua Panlih Zainuddin Tambuala saat dikonfirmasi mengakui dua nama tersebut belum masuk ke DPRD. Terkait hal itu Panlih belum menentukan perubahan jadwal pemilihan.

“Belum ada surat Gubernur masuk soal nama Cawagub, makanya kami akan rapat lagi untuk membas perubahan jadwal,” kata Zainuddin Selasa kemarin.
 
Lamanya proses pemilihan Cawagub tidak terlepas dari rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN), pasalnya dari empat partai pengusung tinggal PAN yang belum memberikan rekomendasinya kepada Hidayat Lamakarate dan Zainal Daud.

Sekretaris DPW PAN Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi saat dihubungi belum memberikan kepastian keluarnya rekomendasi tersebut. Rusli menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pimpinan pusat PAN.

“Kami menyerahkan sepenuhnya kepada DPP, soal kapan keluar rekomendasi itu saya juga belum tahu,” kata Rusli.

Seperti diberitakan sebelumnya, upaya lobi kepada DPP PAN sudah dilakukan Hidayat Lamakarate, meskipun beberapa kali pertemuannya belum juga mendapatkan hasil.

Dengan tidak keluarnya rekomendasi dari PAN maka Gubernur tidak bisa mengirim dua nama ke DPRD. Meskipun Gubernur memaksakan mengirim dua nama, Panlih pasti menolak dan mengembalikan berkas tersebut.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.