Saturday, 23 June, 2018 - 01:29

Gugatan Aco Malino Dikabulkan

DIKABULKAN - Panwaslu Parimo Kabulkan tuntutan paslon ANNAS untuk kembali diverifikasi faktual tahap dua. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.com - Gugatan pasangan Anwar Saing-Asrudin (ANNAS) akhirnya dikabulkan oleh Panwaslu Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) setelah digelar sidang di Aula hotel Tunas Harapan kampal, Kecamatan Parigi pada jumat 23 Februari 2018.

Panwaslu Kabupaten Parimo memerintahkan kepada KPU Parimo untuk melakukan verifikasi faktual tahap kedua. Meskipun untuk penetapan calon peserta belum dapat di kabulkan.

Tiga pimpinan Panwaslu kabupaten parimo yang melakukan sidang sengketa tersebut, masing-masing Muchlis Aswad (Ketua), Mohamad Iskandar Mardani (Kordinator Devisi Hukum dan Pelanggaran) serta Mohammad Rizal (koordinator Devisi pencegahan dan hubungan antar lembaga) saat membacakan keputusan akhir dari hasil kesimpulan yang disampaikan oleh pemohon pasangan ANNAS tersebut sebanyak 147 halaman dengan durasi 112 menit berlangsung aman terkendali.

Dari pantauan Metrosulawesi, tampak calon bupati jalur perseorangan Anwar Saing meneteskan air mata ketika mendengarkan ketukan palu sidang yang memenangkan salah satu tuntutannya, yaitu melakukan kembali vertual tahap dua. Bahkan para pendukung yang berada disekitarnya langsung saling pelukan karena rasa senangnya menerima keputusan Panwaslu.

Usai pelaksanaan sidang sengketa, Koordinator Devisi Hukum & Pelanggaran Panwaslu Parimo Mohamad Iskandar Mardani kepada sejumlah Wartawan mengatakan, Panwaslu Parimo berkewajiban menerima laporan yang teregister tanggal 12 Februari sesuai amanah peraturan Bawaslu nomor 15 tahun 2017, maka proses penyelesaian sengketa dilaksanakan dalam durasi 12 hari.

"Dalam proses penyelesaian musyawarah sengketa ini terdiri atas dua mekanisme yaitu Panwaslu melakukan mediasi sebanyak dua kali dan dilanjutkan kepada proses ajudikasi sebagaimana yang telah berlangsung, bahwa pemohon dan jawaban dari termohon serta fakta-fakta bukti persidangan yang melaksanakan pleno pada hari sebelumnya sesuai keputusan Panwaslu Parimo telah dibacakan pada saat pembacaan kesimpulan oleh Ketua Panwaslu Parimo," ucapnya.

Sementara itu, juga Ketua Panwaslu parimo Muchlis Aswad mengatakan, sesuai pasal 144 UU tahun 2016 itu dinyatakan bahwa KPU dapat menindaklanjuti hasil keputusan Panwaslu dalam waktu tiga hari dan minimal sudah ada kabar, karena sifatnya sudah mengikat.

"Terlepas dari itu mereka (KPU) wajib menindaklanjutinya, namun rentan waktu yang disiapkan harus secara optimal dan mengikat dalam upaya memberi jawaban dari keputusan dimaksud" tandas muchlis.


Editor: Elwin