Saturday, 18 August, 2018 - 20:04

Gugatan Amrullah Diterima MK

Haris, SPd MAP. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.com – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Haris Spd,MAP mengatakan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Parimo yakni Amrulah Almahdali – Yufni Bungkundapu (AMIN) Nomor 3, melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI. 

“Secara resmi MK sudah mengeluarkan registrasinya dengan registrasi perkara nomor 55/PHP.BUP-XVI/2018, yang mengatakan bahwa Kabupaten Parimo masuk dalam gugatan,” jelas Haris pada Metrosulawesi Rabu 25 Juli 2018 di ruang kerjanya.

Karena teregistrasi, maka KPU akan mengikuti proses sidang, di jadwalkan oleh MK yakni sidang pertama 27 Juli 2018 dan itu merupakan sidang pendahuluan, dimana pada sidang pertama tersebut membacakan permohonan dari pemohon, kemudian sidang yang kedua akan dilaksanakan pada 30 Juli 2018 dimana pada sidang tersebut akan mendengarkan pembelaan dari kami KPU Parimo atau jawaban dari pihak terkait.

“Karena dalam hal ini pihak terkait yakni paslon Samsurizal Tombolotut–Badrun Nggai (SABAR) nomor  urut 1 dan Panwaslu Parimo  jika itu di butuhkan oleh MK. sehingga begitu nanti prosesnya dan kita kurang mengikuti proses dari MK saja,” kata haris.

Haris menambahkan, untuk itu, KPU Parimo harus menunda penetepan calon terpilih yang awalnya dijadwalkan 26 Juli 2018, karena masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Untuk itu, paling cepatnya itu putusan untuk penetapan calon terpilih pada pertengahan bulan Agustus 2018 mendatang, karena proses dari MK yang dimulai dari tanggal 23 juli 2018 itu paling lambat 25 hari,” pungkasnya.

 

Editor: Elwin