Monday, 23 July, 2018 - 06:11

Hanya Tiga Kader NasDem yang Diusulkan Sebagai Pengganti Mat Lahay, Wakil Ketua I DPRD Touna

Kasiman B Nipa. (Foto : Metrosulawesi/M Yusuf BJ)

Palu, Metrosulawesi.com - Anggota DPRD Tojo Unauna, Kasiman B Nipa menyatakan tidak berambisi menduduki jabatan Wakil Ketua I DPRD Tojo Unauna. Dari empat anggota Fraksi NasDem di DPRD Tojo Unauna, hanya Kasiman B Nipa yang tidak diusulkan untuk menduduki jabatan strategis itu.

Jabatan Wakil Ketua I DPRD Touna sebelumnya diduduki Mohamad Lahay yang kemudian terpilih menjadi Bupati Tojo Unauna.

“Mungkin karena saya legislator baru, saya belum dilibatkan atau berhak mencalonkan sebagai Ketua 1 (wakil ketua) menggantikan jabatan Mohamad Lahay. Yang saya ketahui, hanya tiga nama yang diusulkan untuk posisi tersebut yaitu Jafar M Amin, Azhar Tolono dan Arifin Pekatutuna,” kata Kasiman B Nipa ditemui Metrosulawesi di Palu, Rabu (2/3/2016).

Menurutnya, tiga nama tersebut masih dalam tahap pengusulan. Karena itu, tidak boleh ada yang berhak mengklaim diri telah menggantikan posisi tersebut.

“Cuma saya sayangkan sudah ada yang menyatakan dirinya sebagai pengganti Mat Lahay (Mohamad Lahay) di posisi Ketua 1 padahal SK-nya belum ada. Sebaiknya tidak perlu berlebihan seperti itu, karena SK DPW NasDem Sulteng belum keluar,” katanya.

Diketahui, Kasiman adalah salah satu kader Partai NasDem di Touna yang bergabung sejak awal.

“Saat ini saya adalah anggota DPRD Touna menggantikan Muhammad Lahay. Saya mulai berkarier di birokrasi sebagai kepala desa mulai 1994 hingga 2011. Usai menjabat kepala desa tersebut, saya masuk Partai NasDem yang masih dinahkodai Maaruf Anshar sebagai Ketua DPW NasDem Sulteng. Saya juga diangkat sebagai pengurus NasDem Kabupaten Tojo Unauna sampai pada masa kepemimpinan Muhammad Lahay sebagai Ketua DPD NasDem Touna. Kemudian saya mengikuti pileg 2014, dengan perolehan suara keempat terbanyak. Jadi Alhamdulillah, dari awal NasDem terbangun di Sulawesi Tengah saya terus terlibat di dalamnya,” ungkapnya.

Kasiman mengatakan bahwa saat ini dirinya berusaha memaksimalkan kinerjanya sebagai legislator yang baru dijalaninya kurang lebih empat bulan.

“Saat ini saya masih berusaha terus memaksimalkan kinerja saya sebagai legislator agar bisa membawa perubahan bagi Kabupaten Touna,” katanya.

Kasiman yang duduk di Komisi 3 DPRD Touna ini berharap dapat terus terlibat aktif dalam dinamika parlemen dan Partai NasDem.

“Untuk kegiatan Fraksi NasDem, alhamdulillah sejauh ini saya banyak terlibat. Cuma untuk kegiatan internal partai, kadang-kadang saya belum dilibatkan. Mungkin karena saya masih baru. Tapi itu tidak jadi masalah,” katanya.

“Tapi keinginan saya, semua kegiatan di dalam internal partai, saya menginginkan kita semua anggota fraksi NasDem Touna sama-sama bergerak, karena kita semua sudah lama sebagai pengurus partai. Bahkan saya sekarang diangkat sebagai Ketua DPC NasDem Kecamatan Ratolindo,” katanya.