Saturday, 18 August, 2018 - 03:00

Harga Beras di Morowali Naik Rp 2.000

PEDAGANG - Ambo Asse (40), pedagang beras di pasar Tradisional Modern Bungku Kabupaten Morowali. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Bungku, Metrosulawesi.com - Sudah hampir sepekan harga beras dipasar Tradisional Modern Bungku Kabupaten Morowali mengalami kenaikan harga.Tak hanya itu pasokan beras datang di pasar berkurang.

Dari pedagang di pasar sendiri belum mengetahui persis penyebab kurang stok beras.Namun rata-rata pedagang di pasar sudah menaikan harga beras perliternya dari harga biasanya.

Ambo Asse (40), pedagang di pasar tersebut mengatakan, beras mengalami kenaikan harga  dalam satu minggu terakhir dari sebelumnya Rp7.000 menjadi Rp9.000 per liter atau naik Rp2.000. Demikian stok beras hampir bersamaan waktunya.

"Kalau harga normalnya beras untuk dijual per liternya Rp7.000. Tapi sekarang ini pedagang menjual dengan harga Rp 9.000 per liter," ungkap Ambo Asse kepada Metrosulawesi ditemui di tempatnya menjual, Selasa 16 Januari 2018.

Menurut dia stok beras diperoleh pedagang di pasar masuk dari Provinsi Sulawesi Selatan. Ada pula beras dari daerah Morowali sendiri yakni beras dari petani di Kecamatan Bungku Barat.

"Iya,sudah satu minggu belum ada lagi masuk ini beras," ujarnya.

Menurutnya untuk kemasan karung dari berbagai jenis ukuran perkarung diperoleh dari pemasok beras harganya ikut naik agar bisa untung pedagang eceran memilih menaikan harga beras karena tidak ingin rugi.

"Saya belum ketahui kenapa harga perkarung beras sudah naik lagi harganya. Kurangnya stok beras masuk juga tidak ketahui apa kira-kira penyebabnya," ungkap Ambo Asse.


Editor: Syamsu Rizal