Thursday, 16 August, 2018 - 20:01

Harga Cabai Keriting dan Bawang Putih Naik

Bawang putih. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com - Dalam sepekan terakhir ini sejumlah harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar tradisional Kabupaten Donggala merangkak naik. Kenaikan harga terjadi pada komoditi cabai kriting  dan bawang putih.

Dinas Perindakop Kabupaten Donggala membenarkan adanya beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga diantaranya cabai keriting yang sebelumnya hanya Rp.2.8000 perkilogram naik menjadi Rp.32.000 perkilogram. Bawang putih dari harga biasanya Rp.25 000 perkilogram kini menjadi Rp.30.000 perkilogram.

Sementara bawang merah  malah mengalami penurunan dari Rp 25.000 turun menjadi Rp 15.000 perkilogram dan untuk komoditas lainnya seperti tomat, bawang merah, cabai rawit, dan lainnya masih tergolong stabil.
 
Kepala Dinas Perindakop Kabupaten Donggala, Pattakali yang dikonfirmasi media ini pada Selasa 26 Juli 2018 di ruang kerjanya mengatakan, hingga saat ini dan berdasarkan hasil survey pasar yang dilakukan timnya masih tergolong stabil meski ada beberapa komoditi yang naik tapi masih bisa dijangkau oleh daya beli masyarakat. Karena kenaikan 2 komoditi tersebut hanya bekisar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 perkilogram.

Ia menambahkan pihaknya terus melakukan pemantauan perkembangan harga sembilan bahan pokok pangan dan barang  kebutuhan penting  di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Donggala. Dirinya berharap dalam waktu dekat ini harga kedua komiditi ini turun. Jika harga komoditi ini terus merangkak naik hingga H-7 jelang Hari Raya Idul Adha maka pihaknya akan mengantisipasinya dengan melakukan operasi pasar.


Editor: Syamsu Rizal