Thursday, 16 August, 2018 - 20:00

Harga Daging Sapi Melonjak Jelang Idul Adha

Pedagang daging sapi di Pasar Inpres Manonda Palu. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Jelang Idul Adha 1437 H, harga daging sapi di Kota Palu saat ini mulai merangkak naik dari Rp110 ribu hingga Rp125 ribu per kilogramnya,.

Seorang pedagang daging sapi di Pasar Inpres Manonda Palu, Yadi mengatakan  permintaan masyarakat terhadap hewan kurban terus meningkat menjelang hari raya, sehingga harga daging sapi mengalami kenaikan.
 
“Pekan kemarin harga daging sapi masih Rp90 ribu. Ini menjelang lebaran naik Rp20 ribu. Bukan hanya itu saja, harga sapi naik mencapai Rp3 juta hingga Rp 10 juta, kami perkirakan harga daging sapi ini akan berlanjut lagi, saat mendekati lebaran,” paparnya Minggu 28 Agustus.

Dikatakannya, saat ini harga daging jenis metal yang semula di bandrol dengan harga Rp10 juta perekornya, kini naik jadi Rp16 juta. Sedangkan untuk sapi jenis super, harga semula Rp18 juta perekornya naik menjadi Rp20 juta. Sedangkan, untuk harga kambing dari yang semula Rp2,5 juta naik menjadi Rp3 juta perekornya.

“Bahkan hewan kurban sapi jantan lokal juga turut mengalami kenaikan. Dari yang sebelumnya Rp12 juta per ekor kini mencapai Rp14 juta perekornya,” imbuhnya.

Menurutnya, selain meningkatnya permintaan masyarakat , kenaikan hewan kurban juga dipengaruhi kondisi dan kesehatan hewan kurban. Olehnya, kata Yadi pihaknya mencoba membeli sapi mulai sekarang, karena harganyamasih relatif murah.


Editor : Syamsu Rizal