Tuesday, 21 November, 2017 - 14:42

Hari Ini, Operasi Patuh Tinombala Dimulai

AKBP Christ Reinhard Pusung, SIK. (Foto : Dok Metrosulawesi/ Eddy)

Palu, Metrosulawesi.com - Hari ini, Selasa, 9 Mei 2017 hingga 14 hari  kedepan, tepatnya Senin, 22 Mei 2017, Kepolisian Resor (Polres) Palu akan menggelar Operasi Patuh Tinombala 2017. Operasi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres Palu AKBP Christ R. Pusung SIK kepada wartawan mengatakan Operasi Patuh Tinombala 2017 bertujuan menciptakan keamanan, keselematan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas) menjelang perayaan Idul Fitri 1438 H.

“Untuk Operasi Patuh Tinombala 2017 berbeda dari Operasi Simpatik yang sebelumnya dilakukan. Jika Operasi Simpatik lebih banyak imbauan kepada pengendara, sementara Operasi Patuh langsung dilakukan penindakan hukum secara tegas, dalam hal ini tilang ditempat bagi pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas,” jelasnya.

AKBP Christ R.Pusung juga menegaskan untuk pelanggaran yang sering dilakukan, khususnya kendaraan roda dua, salah satunya yaitu penggunaan knalpot bising atau bogar. Kata dia, jika knalpot tidak sesuai dengan aturan standar kerasnya suara kendaraan akan dikenakan tilang.

“Sebab untuk knalpot kendaraan sudah ada ukuran bunyi. Itulah nanti menjadi tugas Lantas yang paham dalam penindakan itu. Intinya kalau sudah melewati ukuran bunyi kendaraan, kita akan tilang, “ kata Christ.

Kapolres juga mengimbau bagi seluruh masyarakat  yang tinggal atau melintas di wilayah hukum Polres Palu untuk segera melengkapi surat-surat kendaraannya. Pastikan surat kendaraan dan kelengkapannya dibawa saat mengendarai kendaraan.

“Saya mengharapkan dengan dilakukannya operasi Patuh Tinombala 2017 ini dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dan dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Selain itu terwujudnya situasi kamseltibcar lantas di kota Palu menjelang perayaan Idul Fitri 1438 H,” harapnya. 


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.