Thursday, 23 November, 2017 - 08:17

Hari Ini, Periksa Kanker Payudara dan Serviks Gratis

Kepala seksi TTM Dinas Kesehatan Sulteng, Andi Cerra Fanti. (Foto : Catherine/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bersama Dinas Kesehatan Sulteng dan BKKBN Sulteng, hari ini, Jumat (6/1) menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Pemeriksaan gratis mobile ini berupa deteksi dini kanker seperti pemeriksaan kanker payudara dan leher rahim atau serviks. Aksi sosial ini adalah rangkaian memperingati Hari Kanker Sedunia.

Kepala seksi TTM Dinas Kesehatan Sulteng Andi Cerra Fanti mengatakan, pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis di bidangnya beserta tenaga ahli yang berpengalaman.

Kegiatan dilakukan guna pendeteksian sejak awal karena kebanyakan pasien mengetahui bahwa dirinya positif kanker saat usia kankernya sudah masuk di stadium 3 atau 4 apalagi kalau pasien tersebut mempunyai riwayat genetik keturunan pengidap kanker.

Dia menjelaskan, syarat bagi peserta yang memeriksakan diri untuk deteksi kanker serviks  adalah wanita yang sudah menikah, sedangkan untuk pemeriksaan deteksi kanker payudara adalah perempuan mulai dari usia remaja.

“Untuk pemeriksaan sendiri dikhususkan untuk wanita, dengan pemeriksaan tertutup. Wanita yang ingin memeriksakan diri untuk kanker serviks minimal usia 30 tahun atau yang sudah menikah. Tapi bisa juga kalau usianya belum menginjak 30 tahun asalkan sudah menikah. Sedangakan untuk pemeriksaan kanker payudara bisa mulai dari usia remaja,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, selain pemeriksaan kesehatan untuk deteksi kanker serviks dan payudara yang dikhususkan untuk wanita, disediakan pula pos pelayanan bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi mengenai pencegahan kanker dan sosialisasi mengenai gaya hidup sehat.

“Karena kegiatan pemeriksaan ini dikhususkan untuk wanita yaitu deteksi kanker leher rahim dan payudara, maka bagi kaum laki-laki dapat melakukan konsultasi mengenai kanker karena kami menyediakan pos untuk konseling,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut juga nantinya akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 8 Februari di Anjungan Pantai Talise.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.