Saturday, 23 June, 2018 - 01:11

Haris Nunu Nomor Urut 5

LOLOS - Pasangan Haris Nunu-Ismail Suaib mendapatkan nomor urut 5 setelah ditetapkan sebagai perserta Pilkada Morowali. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.com - Kepastian hukum putusan sidang adjudikasi yang meminta KPU menerima dokumen syarat LHKPN dari bakal calon bupati dan wakil bupati Haris Nunu-Ismail Suaib (Harisma) akhirnya terjawab, KPU menindaklajuti dan menerima syarat kedua pasangan.

Dengan demikian dokumen calon yang pernah bekedudukan tidak memenuhi syarat kini status hukumnya berubah menjadi memenuhi syarat dan Harisma ditetapkan statusnya menjadi salah satu calon melalui jalur perseorangan sebagai peserta Pilkada Morowali.

Ketua KPU Morowali Wahyudin Abd Wahid mengatakan, perihal amar putusan adjudikasi oleh Panwaslu Morowali memang bersifat mengikat. Klausul yang mengikat dari putusan itu menerima lagi syarat LHKPN kedua calon, dan setelah dilakukan kembali penelitian kembali hasilnya sudah memenuhi syarat.

"Perlu diketahui setelah kami menerima putusan maka KPU Morowali melakukan penelitian. Itulah yang menjadi dasar kami menetapkan pasangan Harisma sebagai calon," ungkap Wahyudin Abd Wahid saat rapat penetapan status bakal pasangan calon Haris Nunu-Ismail Suaib (Harisma) di KPU Morowali, Minggu 4 Maret 2018.

Menurutnya KPU Morowali sebelum mengeluarkan putusan, sudah melakukan konsultasi dengan pihak KPU Provinsi beserta KPU RI pusat. KPU Morowali juga amat berhati-hati mengeluarkan putusan jangan sampai dianggap penyebab kerugian pasangan lain mempersoalkan hasil Pilkada kelak.

"Tapi kami berkeyakinan bahwa keputusan KPU Morowali menetapkan Harisma lolos sebagai calon calon sudah mengikuti norma dan aturan yang berlaku," ungkapnya.

Sebelumnya di Pilkada Morowali ada empat pasangan calon diantara satu calon yang lolos maju melalui dukungan perseorangan, dengan bertambah satu pasangan lagi kini sudah menjadi lima pasangan calon. Harisma yang juga maju melalui jalur perseorangan resmi menjadi peserta dengan nomor urut lima.

Sementara itu calon bupati Haris Nunu mengatakan dengan ditetapkannya Harisma menjadi salah satu peserta Pilkada Morowali tentu saja merupakan sebuah kesukuran. Karena hal ini juga sudah menjawab segala kegelisahan semua pendukung Harisma.

"Alhamdulilah kami bisa mengikuti pesta demorkrasi ini meski tidak bersamaan waktunya dengan pasangan lain yang sudah ditetapkan lebih awal. Kamipun tidak menyalahkan siapa-siapa dan kami siap mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini," ucap Haris Nunu yang hadir bersama calon wakilnya saat kegiatan penetapan status di KPU Morowali.


Editor: Elwin