Friday, 20 April, 2018 - 20:33

Hidayat Ajak Media Sukseskan Hasiarnas

DIALOG - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat bersama Ketua KPID Sulteng, Hary Azis dialog melalui RRI Palu di Ruang Kerja Sekda Provinsi Sulteng, Kamis, 29 Maret 2017. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat mengajak media cetak cetak dan lektronik menyukseskan Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) yang puncaknya dihelat di Palu pada 1 April besok.

“Seluruh media baik cetak dan elektronik agar dapat secara bersama-sama menyukseskan Hasiarnas tahun 2018 dan diharapkan bantuan publikasi terhadap pelaksanaan Hasiarnas,” ujar Hidayat saat dialog melalui RRI Palu didampingi Ketua KPID Sulteng, Hary Azis di Ruang Kerja Sekda Provinsi Sulteng, Kamis, 29 Maret 2017.

Hidayat yang juga selaku Ketua Panitia Hasiarnas mengatakan, masyarakat Sulawesi Tengah harus bangga dengan pelaksanaan kegiatan Hasiarnas di Palu. Hasiarnas di Palu kata dia memberikan pesan kepada dunia bahwa Sulawesi Tengah aman dan damai.

“Kita harus bangga, apalagi tema yang diangkat yaitu dari Sulawesi Tengah, Indonesia berbicara baik,” tuturnya. 

Ketua KPID Hary Azis juga menyampaikan harapan agar media memberikan dukungan penuh demi suksesnya Hasiarnas. Menurutnya, media memiliki peran yang strategis untuk menyampaikan pesan perdamaian kepada masyarakat.

“Itu penting, apalagi dengan kondisi masyarakat kita yang sangat majemuk. Tentu keberadaan KPID didaerah dapat mendorong seluruh lembaga penyiaran agar menayangkan konten-konten lokal yang dapat cepat dimengerti masyarakat,” ucapnya.

Dia mengharapkan lembaga penyiaran dapat memberikan pesan yang dapat menyejukkan kebersamaan masyarakat. KPID akan terus mendorong lembaga penyiaran agar dapat memberitakan konten-konten lokal 100 persen.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang mendukung pelaksanaan kegiatan Hasiarnas yang di pusatkan di Kota Palu,” tandas Hary. 

Sebelumnya, Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis bersama tim dari KPI Pusat melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, di Kantor Gubernur Sulteng.

Sejumlah hal dibicarakan dalam pertemuan yang turut dihadiri Ketua KPID Sulteng, Hary Azis, bersama sejumlah Komisioner KPID Sulteng.

Oleh karena itu, Ketua KPI Pusat berharap peran aktif masyarakat dan instansi pemerintah dalam perayaan Rakornas dan Hasiarnas kali ini. Dirinya juga mengharapkan KPID dapat membuat kegiatan yang bermanfaat bagi para stakeholders seperti jalan santai dan juga literasi media penyiaran yang melibatkan ribuan siswa di Sulteng.

“Hoax salah satu contoh topik yang menarik dikaji dalam kegiatan literasi media tersebut. Dengan demikian, maka kegiatan ini dapat lebih dirasakan serta bermanfaat bagi masyarakat,” tutur dia.

Penganggaran kegiatan Rakornas KPI 2018 akan sepenuhnya menjadi tanggungjawab KPI Pusat. Sedangkan untuk kegiatan Harsiarnas 2018, menjadi tanggungjawab Pemprov Sulteng yang akan masuk dalam APBD Sulteng tahun 2018.

Sementara, Ketua KPID Sulteng Hary Azis mengatakan, sebagai tuan rumah dirinya berharap agar kedua kegiatan ini bisa membantu mempromosikan daerahnya bahkan membuat Sulteng semakin diperhitungkan dalam melaksanakan momen–momen penting berskala nasional.

Guna menyemarakan kegiatan ini, ujarnya, kiranya lembaga-lembaga penyiaran dapat berperan aktif selama kegiatan ini. 

 

Editor: M Yusuf Bj

Berita Terkait