Saturday, 25 November, 2017 - 03:57

Hipertensi, Musuh dalam Selimut

Musuh dalam selimut’, mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan hipertensi atau yang dikenal dengan tekanan darah tinggi. Menurut data dari World Hearth Federation, saat ini sedikitnya 970 juta orang di dunia mengalami hipertensi dan jumlahnya akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Sayangnya, hanya sedikit saja orang yang menyadari dan ikut ambil bagian dalam menanggulangi hipertensi yang dialaminya.

Hipertensi yang tidak terkendali akan menyerang atau merusak sejumlah organ, termasuk ginjal. Hipertensi dapat dilihat sebagai penyebab penyakit ginjal sekaligus menjadi akibat penyakit ginjal. Hal ini merupakan cikal bakal terjadinya gagal ginjal. Selain itu, penyandang hipertensi yang tidak terkontrol 7 kali lebih beresiko terkena stroke, 6 kali lebih beresiko terkena gagal jantung dan 3 kali lebih beresiko terkena serangan jantung. 

Pada orang yang sudah memiliki resiko tinggi atau yang diduga sudah mengalami perkembangan penyakit tertentu, general medical cek up saja tidak cukup, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut sesuai risiko yang mungkin akan dialami. Untuk itu sejak 2012, laboratorium Klinik Prodia menyediakan Panel Wellness Testing. Panel Wellness Testing Ginjal Hipertensi bermanfaat untuk mengidentifikasi dan memberikan informasi penting terkait kondisi kesehatan ginjal dan resiko kerusakan organ target lain khususnya pada orang yang beresiko tinggi penyandang prehipertensi, hipertensi dan gangguan fungsi ginjal dapat diketahui lebih awal. 

Panel Wellness Testing Ginjal-Hipertensi sebaiknya dilakukan segera setelah mendapatkan hasil pengukuran tekanan darah lebih dari 120/80 mmHg dalam 2 dari 3 kali pengukuran. Yang termasuk Panel Wellness Testing Ginjal-Hipertensi adalah hs-CRP, NT-proBNP, status antioksidan total, cystatin C, AUK, asam urat, aldosteron, Natrium dan kalium.

Kebanyakan orang menyadari bahwa dirinya sakit setelah merasakan gejala atau rasa sakit dan menganggap dirinya sehat-sehat saja saat gejala itu tidak muncul. Padahal tanpa disadari, pada kondisi yang dianggap sehat itu didalam tubuh mungkin sudah terjadi proses yang mengarah ke perkembangan penyakit tetapi belum menimbulkan gejala apapun.

Lakukan general medical check up dan atau wellness testing sesuai risiko, untuk mendapatkan sehat seutuhnya. Menyadari dan berperan aktif dalam tindakan pencegahan (preventive strategy) sejak dini adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis pada masa mendatang.

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia, Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639, WA/SMS 0822 9167 2222).(Adv).

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.