Tuesday, 26 September, 2017 - 17:25

HMM Untad Gelar Kompetisi Roket Air

KREATIF - Kompetisi Roket Air yang digelar HMM Fakultas Teknik Untad Palu di lapangan auditorium kampus tersebut, Selasa (12/5). (Foto : Mawan Kurniawan)

Palu, Metrosulawesi.com - Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Fakultas Teknik Universitas Tadulako (Untad) Palu menggelar Kompetisi Roket Air 2015, di lapangan auditorium kampus tersebut, Selasa (12/5).

STORY HIGHLIGHTS
  • Jenis Lomba: Kompetisi Roket Air.
  • Pelaksana: HMM FT Untad Palu.
  • Jadwal: 12-13 Mei 2015.
  • Tempat: Lapangan Auditorium Untad.
  • Peserta: 19 tim dari 9 SMA se Kota Palu (SMA 6 Palu, SMA Labschool, SMA 4 Palu, SMA 3 Palu, SMK 3 Palu, SMK 4 Palu, SMK Muhammadiyah 1 Palu, MAN 2 Palu dan MAN 1 Palu).



Ketua pantia, Jusriadi mengatakan, Kompetisi Roket Air merupakan kegiatan sains interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam bidang teknologi keantariksaan dan kedirgantaraan, dimana roket air digunakan sebagai alat bantunya.

Kompetisi kali ini diikuti oleh 19 tim yang berasal dari sembilan SMA/SMK sederajat se Kota Palu.

“Kompetisi roket air ini adalah kali kedua kami gelar, dengan melihat pada kegiatan kali pertama, bisa menarik 12 tim yang ikut, kami berinisiatif menggelar kembali kompetisi yang bergengsi ini,” kata Jusriadi ditemui di lokasi kegiatan.

Dalam kompetisi kali kedua ini, masing-masing sekolah membawa satu sampai tiga tim sehingga berjumlah 19 tim.

“Ada yang membawa satu tim, juga ada tiga tim,” ujar Jusriadi.

Ia menjelaskan, dalam kompetisi ini peserta akan adu keterampilan dalam mendesain dan meluncurkan roket air berdasarkan zona sasaran yang sudah ditentukan oleh penyelenggara kompetisi.

Para peserta akan melewati tiga model lomba, yaitu roket jarak jauh, roket target, dan roket tembak.

“Awalnya tiap tim memperlihatkan jenis ataupun desain roketnya kepada dewan juri, di sana mereka menjelaskan apa saja yang mereka pakai untuk roket mereka, dan selanjutnya melewati tiga model lomba yang sudah ditentukan oleh pihak panitia,” tutur Jusriadi.

Roket air adalah sejenis roket model yang menggunakan air sebagai reaksi massa. Wahana tekan yang berfungsi sebagai mesin roket biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman ringan. Air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya kompresi udara.

Ada Pameran Karya Mahasiswa

Selain kompetisi roket air, HMM Untad juga menggelar expo (pameran). Sejumlah hasil karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Untad Palu dipamerkan pada expo tersebut.

Pengunjung tampak antusias melihat hasil karya mahasiswa. Sementara di bagian lain, siswa SMA/ SMK sederajat yang menjadi peserta Kompetisi Roket Air bersemangat mengikuti event tersebut.

Pantauan Metrosulawesi para peserta membawa roket airnya dengan berbagai desain yang menarik.

Kerangka tempat meluncur roket air terbuat dari pimpa berdiameter kecil. Adapun roket airnya sendiri terbuat dari berbagai model botol plastik.

Memasuki tahap penilaian, para peserta menunjukan kebolehan masing-masing, satu persatu memperlihatkan sejauh mana roketnya bisa meluncur.

“Melihat antusiasnya pihak sekolah mengikuti kompetisi roket air ini, sehingga kami pihak panitia khususnya himpunan mahasiswa teknik mesin menjadikan kompetisi roket air adalah kegiatan tahunan himpunan kami, dan para pesertanya lebih bertambah dari tahun ini,” aku Jusriadi.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.