Saturday, 22 September, 2018 - 09:13

HUT Ke-73 RI, 130 Pejabat Pemprov Sulteng Terima Penghargaan

SERAHKAN PENGHARGAAN - Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola menyerahkan  tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya  kepada salah satu pejabat di lingkup Pemprov Sulteng di sela Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di halaman kantor Gubernur Sulteng, Jumat 17 Agustus 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Peringatan Detik-Detik Proklamasi  yang digelar di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jum’at 17 Agustus 2018 berlangsung dengan khidmat, tertib dan lancar. 

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara, sementara Ketua DPRD Prov. Sulteng Prof. (Em) H. Aminuddin Ponulele, MS dipercayakan untuk membaca naskah proklamasi. 

Tema peringatan proklamasi kemerdekaan ke-73 adalah "Kerja Kita, Prestasi Bangsa". Kata ‘Kerja’ berarti adanya pergerakan/aktif. Kita semua sebagai warga Negara yang baik dituntut untuk terus bekerja keras dalam membangun bangsa dan Negara.

Pada kesempatan tersebut, dirangkaikan pula dengan penyerahan Satyalencana Karya Satya secara simbolis oleh gubernur kepada pejabat di lingkup Pemprov Sulteng untuk 130 orang. Masing-masing penerima tanda kehormatan pengabdian 30 tahun yang diwakili Kepala BPMPD Dr. Ir. Rusdi Bachtiar Rioeh, S.Pi, MPM, MM, dan Kepala Dinas Sosial Prov. Sulawesi Tengah Drs. Ridwan Mumu, M.Si

Penerima tanda kehormatan 20 tahun yang diwakili Kabag Bina Program pada Biro Adm. Pembangunan dan SDA, Dra. Masdia dan Pengadministrasian Keuangan pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah Zenny Christianti, S.Sos, M.Si. Sementara penerima tanda kehormatan 10 tahun diwakili Kasub Keuangan dan Aset BKD Sulteng Mufliha Kamase, SE, M.Si dan Pelaksana Sub Bid Penghargaan dan Tanda Jasa BKD Sulteng Safrina Latinggi, S.Sos

Penyematan Penyerahan Satya Lencana Karya Satya kepada Pegawai Lingkup Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Sulteng 20 Tahun kepada Irmawati, SE, MM, Sutrisno, SE dan Muh Akil SE dan Penyerahan SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang remisi kepada warga binaan Farid Ma’ruf, Karman Zakaria bin Saleh Zakaria dan Moh. Adam bin Mancu 

Upacara Peringatan Puncak Kemerdekaan RI ke-73 juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan pada penyuluh pertanian berprestasi, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) berprestasi, petani berprestasi, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) berprestasi dan penerima kendaraan bermotor roda 4 pada laboratorium pengamat hama dan penyakit serta kendaraan roda 2 pada tenaga harian lepas pengamat hama dan penyakit tingkat provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu, juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba/pemilihan petugas operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi dan rawa teladan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018, lomba kebersihan kantor dan sekolah se-Kota Palu serta lomba sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

Peringatan detik-detik proklamasi terbilang sukses, saat siswa-siswi terpilih dari seluruh sekolah tingkat SMA dan SMK tingkat Sulawesi Tengah yang tergabung dalam pasukan ‘Nusa dan Bangsa’, berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung tanggung jawab usai mengibarkan bendera merah putih.

Hal tersebut memberikan kebanggaan tersendiri dari kedua orang tua para paskibraka, yang setelah melaksanakan tugasnya langsung mendatangi para paskibraka yang berkumpul di samping halaman  kantor gubernur sekaligus di sambut dengan suka cita. (*)

Tags: