Saturday, 22 September, 2018 - 05:24

IAIN Palu Berangkatkan 12 Mahasiswa PPL ke Thailand

Gedung Fakultas Syariah IAIN Datokarama Palu. (Foto : infostain.blogspot.com)

Palu, MetroSulteng.com - Sebanyak 12 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan akan mengikuti program praktek pengalaman lapangan (PPL) Terpadu di Pattani, Thailand. Rencananya, mereka diberangkatkan pada September 2014.

“Mereka akan berada di sana mulai September hingga Desember. Karena programnya PPL Terpadu, maka program ini sudah dirangkaikan dengan KKN,” ujar Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu, Yusra, Senin (4/8/2014).

Yusra mengatakan, banyak kelebihan yang didapatkan mahasiswa jika mengikuti program ini. Diantaranya, pengalaman mengajar di luar negeri, ilmu bermanfaat, juga dapat menyelesaikan studi lebih cepat dibanding mahasiswa lainnya.

“Saat mereka kembali, teman-teman mereka baru akan turun KKN. Jadi, mereka bisa selangkah lebih cepat,” lanjutnya.

Namun demikian, ungkapnya, akan dilakukan penyeleksian secara ketat meliputi beberapa aspek yang dianggap penting untuk dijadikan pertimbangan.

"Seleksi itu telah usai dan yang lulus ini akan kami beri pembekalan," jelasnya.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya memiliki indeks prestasi akademik minimal 3,00, memiliki kecakapan berbahasa, juga kemampuan mengajar dan memenej diri.

Selain itu, mahasiswa yang berhasil terpilih diharuskan memenuhi biaya pendaftaran sebesar Rp 6 juta. Biaya ini mencakup biaya transportasi ke Thailand dan pengurusan visa. Selebihnya, biaya makan dan tempat tinggal akan dibiayai oleh lembaga.
 

Editor : Syamsu Rizal