Thursday, 16 August, 2018 - 20:05

IAIN Palu Masih Buka Jalur Mandiri

Dr Abidin, SAg MAg. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Dr Abidin S.Ag, M.Ag mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru (maba) sesuai instruksi Kementerian Agama melalui tiga jalur yakni SPAN, UMPTKIN dan Mandiri. IAIN Palu menargetkan 2000 maba diterima melalui tiga jalur tersebut.

“Yang bisa dimainkan oleh lokal IAIN Palu adalah jalur mandiri, sedangkan SPAN dan UMPTKIN itu yang tentukan langsung dari pusat. Jadi, selama belum mencapai kuota yang ditargetkan, maka panitia lokal di IAIN Palu diberikan kewenangan membuka gelombang-gelombang di jalur mandiri, hingga pada batas waktu akademik untuk kuliah pada 3 September 2018,” jelas Abidin di ruang kerjanya, Rabu, 8 Agustus 2018.

Abidin mengatakan jalur mandiri gelombang satu telah selesai diumumkan, bagi yang tidak lulus di jalur mandiri gelombang satu, masih ada kesempatan mendaftar di jalur mandiri gelombang dua dan tiga. Yang jelas, IAIN Palu masih membuka penerimaan mahasiswa baru hingga 24 Agustus 2018.

“Hal itu dikarenakan batas akhir pembayaran SPP tanggal 27 Agustus 2018. Selama belum batas akhir SPP, maka  penerimaan mahasiswa baru masih dibuka. Bagi yang tidak lulus atau ada yang belum sempat mendaftarkan dirinya kemarin, silahkan datang ke IAIN Palu,” katanya.

Abidin mengaku telah mengumumkan 925 Maba melalui jalur mandiri gelombang satu. Mahasiswa yang lulus di jalur tersebut, langsung tes wawancara, sekaligus melengkapi administrasi lainnya.

“Saat ini maba yang diluluskan oleh IAIN Palu sudah mencapai 2005, artinya sudah melebihi dari target. Tetapi saya lihat di sekretariat, pendaftaran mahasiswa baru masih membludak. Bagi kami di IAIN Palu, jika ada masyarakat yang minta tolong untuk kuliah, apalagi orang tuanya jauh, hal itu langsung saya laporkan ke Rektor, dan tidak mungkin kami suruh kembali ke kampung, kasihan,” ujarnya.

Kata Abidin, animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di IAIN Palu tahun ini cukup meningkat, targetnya hanya 2000, bisa melebihi menjadi 2005.

“Jalur mandiri gelombang satu telah selesai, tetapi pendaftar yang datang kembali membludak sudah sekitar 30 maba yang datang mendaftar, tidak mungkin mereka yang mendaftar ini kami suruh pulang,” imbuhnya.
 
“Pembatasan kuota 2000 maba tersebut pertimbanganya karena IAIN Palu menjadwalkan kuliah dari pagi-siang. Itulah yang membuat target yang diterima sebanyak 2000. Namun jika animo masyarakat banyak masuk IAIN Palu, maka bisa saja kuliahnya ditambah hingga sore hari atau sampai malam, maka yang tadinya kelas tidak cukup, menjadi cukup, karena ada kuliah sore hingga malam,” jelasnya.

“Jadi kemungkinan strategi seperti itu akan dilakukan, dengan pertimbangan animo masyarakat melebihi target, maka dipertimbangkan akan ada kuliah sore dan malam,” jelasnya.   


Editor: M Yusuf Bj

Tags: