Tuesday, 22 May, 2018 - 04:24

IAIN Palu Mulai Pendaftaran Ulang Calon Mahasiswa

Suasana pendaftaran ulang Calon mahasiswa IAIN Palu. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.com - Calon mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mulai melakukan registrasi pendaftaran ulang mulai tanggal 7 - 19 Mei 2018,Pendftaran ulang itu dilakukan oleh calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pada jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Tahun 2018.

"Iya, peserta yang telah dinyatakan lulus pada jalur SPAN untuk melakukan pendaftaran ulang," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Dr Abidin, di Palu, Senin.

Abidin menerangkan pendaftaran ulang merupakan salah satu prosedur yang harus di lalui oleh setiap calon mahasiswa yang dinyatakan lulus pada jalur SPAN.

Karena itu, peserta harus menyediakan administrasi antara lain, fotocopy ijazah, SKL, KTP, KK, foto warna.Proses tersebut, urai dia, tidak hanya melakukan peng-input-an data calon mahasiswa, tetapi disertai dengan wawancara.

"Nah semua ini merupakan rangkaian proses administrasi, yang kemudian akan berujung pada nilai besaran SPP," ujarnya.

Ia menjelaskan terdapat beberapa tingkatan pengenakan biaya SPP kepada mahasiswa jalur SPAN terdiri dari angka, Rp 400.000, Rp 950.000, Rp 1.200.000, dan Rp. 1.400.000.

Dari empat tingkatan nilai SPP tersebut, setiap mahasiswa akan dikenakan nilai yang berbeda-beda. Karena itu, sebut dia, tergantung pada hasil wawancara.

"Kalu peserta atau calon mahasiswa yang dari kalangan ekonomi menengah kebawah, tentu akan dikenakan biaya yang rendah. Kalau dari ekonomi menengah keatas tentu lebih tinggi," sebutnya.

Sementara itu, pelaksanaan ujian pendaftaran untuk jalur UM-PTKIn mengalami perubahan. Perubahan itu tertuang dalam surat panitia pelaksana SPAN-UMPTKIN nomor : P-053/SPAN-UM/K/V/2018 tentang perubahan jadwal pelaksanaan pendaftaran UM-PTKIN tahun 2018.

Dalam surat tersebut dicantumkan pengisian biodata peserta ditutup pada tanggal 11 Mei 2018 pukul 16.00 wib. Proses pembayaran ditutup pada tanggal 11 Mei 2018 pukul 24.00 wib dan finalisasi pendaftaran ditutup pada tanggal 12 Mei 2018 pukul 16.00 wib.

Sebelumnya jumlah pendaftar mahasiswa baru di IAIN Palu melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) mencapai 1.217 pendaftar.Terdiri dari pendaftar SPAN untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) I berjumlah 724 dan PTKIN II 493.

IAIN Palu menjadi PTKIN II dalam penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SPAN dengan jumlah peminat 493 pendaftar. PTKIN I merupakan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.     


Editor: M Yusuf Bj

Tags: