Monday, 23 July, 2018 - 23:56

Ihwan Blusukan di Pesisir dan Pulau-Pulau Morowali

Calon wakil gubernur Sulteng, Ihwan Datu Adam, blusukan ke wilayah pulau dan pesisir Morowali. (Foto : Ahyar Lany)

Bungku, Metrosulawesi.com - Calon Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, H Ihwan Datu Adam, melakukan perjalanan blusukan ke wilayah pesisir dan pulau-pulau di Kabupaten Morowali, selama tiga hari, mulai Jumat (20/11/2015) hingga Minggu (22/11/2015).

Perjalanan pasangan calon nomor urut 1 itu, untuk bertemu dan melihat langsung kondisi masyarakat di wilayah pesisir dan pulau. Mulai dari Kecamatan Bungku Pesisir hingga Bungku Selatan dan Menui Kepulauan.

H Ihwan didampingi Ketua Tim Pemenangan Kabupaten Morowali yang juga Wakil Ketua 1 DPRD Morowali dari Partai Golkar, H Silahudin Karim bersama isteri. Juga Ketua Partai Hanura Kabupaten Morowali, Sahabudin Zen, Anggota DPRD Morowali dari Partai Hanura, Subhan Matorang, serta tokoh adat masyarakat Bajo, H Musda.

Di Lafeu, Bungku Pesisir, H Ihwan bertemu beberapa tokoh masyarakat dan warga sambil berdiskusi santai di rumah Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar. Dari situ, H Ihwan bersama tim meneruskan perjalanan menuju Kaleroang, Bungku Selatan, dengan menggunakan speedboat pribadi milik H Silahudin Karim yang akrab disapa H Aco.

"Sebagai Ketua Tim Pemenangan di Kabupaten Morowali, saya bertanggung jawab membawa Pak Ihwan untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat kita di pesisir dan pulau-pulau," jelas kandidat bupati Morowali 2018 mendatang ini.

"Kami lakukan hal ini agar masyarakat disana dapat mengenal lebih dekat siapa calon wakil gubernur kita ini. Dan juga agar Pak Ihwan dapat melihat langsung bagaimana kondisi masyarakat kita yang ada di pulau-pulau Morowali," tambahnya.

Setibanya di Kaleroang, Bungku Selatan, H Ihwan bersama tim yang dikomandoi H Aco, disambut sejumlah pendukung yang mengenakan kaos bergambar Rusdi Mastura - Ihwan Datu Adam. Terlihat cukup ramai warga berlalu-lalang, sehari menjelang pelaksanaan Festival Bajo Pasakayyang 2015 yang dipusatkan di Kaleroang.

Sejumlah warga pun mulai berdatangan di tempat menginap H Ihwan bersama tim H Aco. Warga begitu antusias, karena ingin bertemu langsung dan memberikan ucapan selamat terhadap H Ihwan, yang notabene adalah calon wakil gubernur.

Lagi pula, baru kali itu seorang calon wakil gubernur menginjakan kaki di pulau Kaleroang dan bertemu langsung masyarakat. Apalagi didampingi seorang legislator Morowali, seperti H Aco, yang memiliki pengaruh dan dikenal masyarakat disitu.

"Kita butuh pemimpin yang punya keberanian, kemauan dan kemampuan seperti Pak Cudy (Rusdi Mastura, calon gubernur). Ada prestasi yang dibuat, seperti listrik, bandara, pelabuhan, jembatan, mall, dan lainnya, serta program-program prorakyat seperti padat karya dan lainnya," ungkap H Ihwan dalam diskusi santai bersama warga.

"Semua itu sudah dibuktikan Pak Cudy dalam kepemimpinannya sebagai walikota Palu selama dua periode. Bukan pemimpin yang hanya ngomong doang tapi tidak punya prestasi apa-apa," tambahnya.

H Ihwan juga mengatakan, bahwa dalam kepemimpinan mereka ketika terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur, akan mewujudkan masyarakat Sulawesi Tengah yang sehat, cerdas, dan sejahtera. Menuju Sulawesi Tengah "Tersenyum" (Tertib, Religius, Sejahtera, Nyaman, Aman, Unggul, dan Maju). Meski berbeda tetap satu. (yar)

Masyarakat Bajo Pilih Nomor Satu

Kehadiran H Ihwan di Kaleroang mendapat apresiasi dan dukungan masyarakat Bajo. Lagi pula, H Ihwan memiliki ikatan kekerabatan dengan komunitas masyarakat Bajo. Hal itu terlihat ketika H Ihwan bersama tim melakukan blusukan di setiap tempat dan jalan-jalan yang begitu ramai dipadati warga.

H Ihwan menyalami setiap warga yang dilalui disepanjang jalan. Warga pun meminta untuk difoto selfi, sembari mengacungkan jari telunjuk sebagai simbol nomor urut satu. Bahkan, warga hanya menyebut pilihannya adalah pasangan nomor satu.

Setiap warga yang ditemui pada blusukan itu mengaku, hanya memilih pasangan nomor urut satu, Rusdi Mastura-Ihwan Datu Adam. Mereka memilih Rusdi - Ihwan karena tidak ingin lagi di janji-janji dan menuai kekecewaan yang kedua kalinya.

"Kita disini (Kaleroang) hanya pilih nomor satu (Rusdi-Ihwan). Kita tidak mau lagi dikecewakan dengan janji-janji, pokoknya nomor satu," kata warga, sembari mengacungkan simbol nomor satu dengan telunjuknya.

"Kita sangat senang melihat Pak Ihwan yang calon wakil gubernur datang kesini, jadi kita bisa lihat dan ketemu langsung dengan orangnya. Saya lihat Pak Ihwan orangnya ramah dan murah senyum," ujar warga lainnya.

Pada blusukan itu, H Ihwan turut didampingi politisi senior Partai NasDem yang juga Wakil Ketua II DPRD Morowali, Taslim, Ketua DPD Partai NasDem Morowali yang juga Ketua Fraksi NasDem di DPRD Morowali, Kuswandi, anggota DPRD dua periode dari Partai Golkar, Hj Iriane Ilyas, Ketua DPC Partai Hanura Morowali, Sahabudin Zen, dan anggota DPRD dari Partai Hanura, Subhan Matorang, serta sejumlah tim dan pendukung.

Sementara, H Aco menggelar pertemuan konsolidasi dengan sejumlah tim pemenangan, pendukung, dan simpatisan se-Kecamatan Bungku Selatan. Tujuannya adalah memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura - Ihwan Datu Adam, pada 9 Desember mendatang.


Editor : Subandi Arya