Monday, 28 May, 2018 - 03:40

Ingin Jadi Ikon Pariwisata Sulteng, Poso Benahi Sarana dan Siapkan Paket Wisata

DESTINASI WISATA - Danau Poso, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Poso. (Foto: Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - Mulai tahun ini, Pemerintah Kabupaten Poso telah memasang target untuk menjadikan ikon pariwisata utama di tingkat Provinsi Sulteng.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, Yosep Mangido baru-baru ini menuturkan, sejumlah pembenahan akan dilakukan instansinya, mulai dari mendata seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Poso.

“Kami akan membenahi sarana dan prasarananya, serta mengintegrasikan seluruh objek tersebut dalam sebuah paket wisata yang bisa dijual keluar,” ucap Yosep belum lama ini.

Yosep manyampaikan, tahun 2018 pihaknya fokus membenahi semua lokasi pariwisata Poso, karena akan menjadi salah satu ikon pariwisata yang dikenal di seluruh dunia.

Yosep menambahkan, Dinas Pariwisata Poso mencatat, Kabupaten Poso memiliki objek wisata unggulan berupa air terjun Salopa yang berada di seputaran Tentena tepatnya di Desa Wera, Kecamatan Pamona Puselemba memiliki dua belas tingkat air terjun dengan memiliki ketinggian dua puluh lima meter.

Menurutnya, usulan Dinas Pariwisata Poso telah di respons baik Kementrian Pariwisata untuk mengalokasikan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pembenahan objek wisata tahun 2017.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Poso juga mendapatkan dana CSR dari PT Poso Energi untuk pembenahan objek wisata yang berada di sekitaran danau Poso.

“Kami juga akan menata objek wisata pantai pasir putih di kelurahan Madale, Pantai Bintang serta objek-objek wisata megalit di Lembah Bada dan Napu,” pungkas Yosep.


Editor: Syamsu Rizal