Wednesday, 20 June, 2018 - 13:55

Investor Malaysia Lirik Sawit di Sulteng

BERSAMA INVESTOR - Gubernur H Longki Djanggola bersama investor asal Malaysia, H Hakim Khan yang ingin berinvestasi di Sulteng, Jumat, 2 Maret 2018. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Investor asal Malaysia H Hakim Khan melirik potensi perkebunan di wilayah Sulteng. Hal ini terungkap saat Hakim menemui Gubernur H Longki Djanggola menyampaikan niatnya untuk berinvestasi di Sulteng. Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Gubernur Sulteng pada Jumat, 2 Maret 2018.

Kepada gubernur diungkapkan akan bekerjasama dengan PT Haris Mas Argo berinvestasi di bidang perkebunan kelapa sawit dan jagung. Lokasi yang dimohonkan berada di Dataran Bulan Kabupaten Tojo Unauna dengan luas sekitar 40.000 hektar.

Hakim mengaku sangat kagum atas pelayanan perizinan di Provinsi Sulawesi Tengah, termasuk tersedianya buku panduan potensi investasi di daerah ini dan alur proses perizinan yang harus dilakukan investor.

Gubernur dalam kesempatannya menyambut baik adanya rencana investasi di wilayah yang dipimpinnya. Dia menyampaikan bahwa proses perizinan baik pada Pemerintah pusat dan daerah saat ini sangat dimudahkan.

“Demikian juga pada pemerintah provinsi sepanjang proses permohonan perizinannya sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan perundang-undangan. Tentu lokasinya kalau sudah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah, demikian pula Amdal-nya,” ujar gubernur.

Gubernur mengungkapkan, Sulawesi Tengah kini masuk lima daerah di Indonesia yang memiliki tingkat kenyamanan berinvestasi. Diharapkannya keseriusan dan kesungguhan investor untuk berinvestasi di Sulteng.

“Saya berharap PT Haris Mas Argo yang join dengan PMA Malaysia agar serius untuk berinvestasi di Sulawesi Tengah,” tandasnya.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra, Bunga Elim Somba yang mendampingi gubernur menambahkan, Sulteng  memiliki potensi pengembangan pertanian dan perkebunan 6,2 juta hektar. Dari potensi itu, yang sudah termanfaatkan baru sekitar 2 juta hektar, sehingga permohonan investasi PT Haris Mas Argo sangat diharapkan dengan melihat potensi yang ada.

“Itu sesuai dengan visi-misi Gubernur Sulawesi Tengah yang menekankan pengembangan pada bidang pertanian dan perkebunan,” ucap Elim.  


Editor: Udin Salim