Thursday, 16 August, 2018 - 20:10

Ipemi Sigi Siap Promosikan Air Terjun Mantikole

WISATA - Permandian wisata Mantikole tetap diminati masyarakat Sigi dan sekitarnya. Namun pengelolaan wisata ini harus lebih ditingkatkan lagi. (Foto: Firmansyah/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com - Wisata lokal permandian air terjun Mantikole, berada di Desa Mantikole, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, kian mengalami perkembangan. Bahkan, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Kabupaten Sigi, siap bekerjasama dengan Pemkab Sigi untuk mempromosikan wisata cagar alam ini hingga ke luar daerah.

Ketua Ipemi Sigi, Hj Wahdaniah, mengatakan saat ini sedang menyurvey lokasi permandian Mantikole ini. Bahkan, permandian dengan konsep cagar alam dan air terjun itu sedang dipikirkan terkait konsep wisata ini. Sehingga wisata ini bisa dibanjiri pengunjung setara dengan wisata lokal lainnya di Sulteng.

"Insyah allah kami akan siap membantu sekaligus membenahi objek wisata Mantikole ini. Sehingga bisa ramai dikunjungi masyarakat dari luar daerah," ungkap Hj Wahdaniah, kepada wartawan, Senin, 23 Juli 2018.

Dia menambahkan, wisata Mantikole akan dibenahi secara perlahan, misal terkait kuliner yang disajikan. Ipemi Sigi berinisiatif akan mempopulerkan makanan khas Dolo Selatan, disajikan kepada pengunjung dari luar daerah. Makanan lokal seperti nasi kuning, jagung rebus, tape, kacang, dan lainnya akan disajikan secaa tradisional. Akn tetapi kuliner lokal itu mementingkan kebersihanya.

"Makanan lokal tetap diminati di semua daerah, tetapi makanan itu harus higenis. Sehingga pengunjung tidak merasa jijik ketika menikmati kuliner disini," terangnya.

Menurutnya, selain kuliner yang akan diperbaiki maka fasilitas yang ada saat ini tetap akan dibicarakan dengan Pemkab Sigi. Kekurangan fasilitas, seperti tempat duduk, gasebo, dan alat main lainya sehingga menjadikan wisata ini dilihat begitu saja.

"Ketika wisata ini akan diseriusi penanganannya, maka yakin saja pengunjung yang datang pasti banyak sekali," pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal