Thursday, 20 September, 2018 - 20:58

Irup Terakhir Brigjen TNI Muh Saleh Mustafa di Sulteng

IRUP TERAKHIR - Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, saat membacakan amanat Kepala Staf TNI AD, saat menjadi IRUP terakhirnya dalam jabatan Sebagai Danrem 132/Tadulako, dalam upacara Hari Juang Kartika 2017, di Lapangan Faqih Rasyid, Jumat 15 Desember 2017. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Upacara Hari Juang Kartika ke-72 Tahun 2017 di wilayah Korem 132/Tadulako tahun ini terasa agak berbeda dan menjadi kenangan sendiri bagi warga Korem 132/Tadulako. Hal ini dikarenakan untuk pertama kali dalam sejarah berdirinya Korem 132/Tadulako, upacara dipimpin oleh seorang Komandan Korem (Danrem) berpangkat Bintang Satu.

Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP) pada Hari Juang Kartika yang dilaksanakan di Lapangan Faqih Rasyid, Jumat, 15 Desember 2017 ini, baru saja dilantik menjadi Brigjen TNI oleh Panglima TNI beberapa hari yang lalu di Mabes TNI. Upacara ini  mungkin yang terakhir bagi Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa sebagai Danrem. Karena tiga  hari kedepan, dirinya akan melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Korem 132/Tadulako kepada Kolonel Inf Agus Subiyanto di Makodam XIII Merdeka, Manado.

Upacara yang sederhana ini diikuti oleh seluruh prajurit dan ASN jajaran  Korem 132/Tadulako, Yonif 711/Rks, Polri, Satpol PP dan Basarnas Provinsi Sulteng.Turut hadir dalam upacara ini Gubernur Sulteng Drs.H.Longki Djanggola, Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said, serta Pimpinan Forkopimda Sulteng.

Dalam amanatnya, Jenderal TNI Mulyono selaku Kepala Staf TNI AD, yang dibacakan oleh Irup Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta kebanggaannya kepada seluruh prajurit TNI AD dimanapun berada, karena telah berhasil membawa nama baik TNI AD dalam segala hal, khususnya dalam menjaga stabilitas keamanan di seluruh wilayah Indonesia, bekerjasama dengan komponen bangsa lainnya.

“Saya bangga karena seluruh prajurit TNI AD berhasil menjaga marwah reformasi hingga saat ini. Sehingga institusi TNI menjadi salah satu lembaga yang paling dipercaya rakyat Indonesia saat ini, berdasarkan hasil survei lembaga-lembaga survei di Indonesia. Hal ini menjadi indikasi bahwa prajurit-prajurit TNI, khususnya TNI AD dapat melaksanakan amanat reformasi dengan baik,” ungkap Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono dalam amanatnya.

Selanjutnya, Kasad mengimbau agar berbagai prestasi tersebut tidak menjadikan seluruh prajurit sombong dan berbesar diri. Kasad mengajak seluruh prajurit TNI AD untuk terus berbuat yang terbaik, tulus dan ikhlas dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia.

“Teruslah berjuang bersama rakyat, karena dengan Manunggal Bersama Rakyat, TNI AD Kuat sesuai dengan tema Hari Juang Kartika tahun ini,” tegas Kasad.

Dalam peringatan Hari Juang Kartika juga dilaksanakan kegiatan Bhakti Sosial TNI AD, khususnya Korem 132/Tadulako beserta jajaran untuk masyarakat kota Palu, berupa pembagian sembako, donor darah, pengobatan umum dan khitanan massal. (edy/car)


Editor : M Yusuf Bj