Tuesday, 21 November, 2017 - 14:38

Jabat Ketua EN-LMND Pusat, Indrayani Ingatkan Janji Trisakti Pemerintah

Ketua Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND) Indrayani Abd. Razak (Foto : Dok)

Palu, Metrosulawesi.com - Ketua Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND) Pusat Indrayani Abd. Razak mengingatkan negara untuk tidak melepaskan tanggung jawab dalam pembiayaan pendidikan.

Memperingati Hari Pendididkan Nasional pada Selasa, 2 Mei 2017, perempuan asal Sulawesi Tengah ini mengungkapkan situasi pendidikan saat ini sangat memprihatinkan.

“Menurut saya lembaga pendidikan tidak lagi dijadikan sebagai instrumen untuk tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, namun sebaliknya, hanya dijadikan komoditas bisnis yg hanya menguntungkan pemodal,” ungkapnya.

“Upaya kami yaitu terus mendorong pemerintahan baik daerah maupun pusat untuk konsisten terhadap janji trisaktinya,” sambungnya.

Pihaknya juga menjelaskan pendidikan merupakan satu instrumen penting dalam memajukan peradaban maupun kemajuan bangsa.

“Kami selalu mengimbau kepada pemerintah agar benar-benar memperhatikan pendidikan.  Bangsa ini tidak akan pernah menemui kesejahteraannya ketika tenaga produktif bangsa tidak diperuntukan bagi pembangunan negara,” katanya.

“Salah satu tuntutan pokok kami kepada pemerintah baik daerah maupun pusat, selain jalankan trisakti, pemerintah harus cabut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional dan cabut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, karena undang-undang ini adalah satu konstitusi pendukung liberalisasi,” sambungnya.

Ia juga menambahkan LMND akan terus memperluas basis penyadaran massa, khususnya di kalangan mahasiswa. Kata dia, mahasiswa perlu mengetahui situasi ketimpangan di dunia pendidikan saat ini.

“Kami terus melakukan upaya penyadaran, agar tercapainya tujuan bangsa ini, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud. Itu yang kami harapkan, agar negara ini bisa menuju kepada hakikat tujuan bangsa ini,” katanya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.