Monday, 20 February, 2017 - 00:41

Jadwal Penerbangan ke Palu Bisa Ditambah

Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu. (Foto : Metrosulawesi/Eddy)

Palu, Metrosulawesi.com - Jadwal penerbangan dari dan ke Palu melalui Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu menjelang dan selama kegiatan Sail Tomini bisa ditambah jika memang dibutuhkan, kata Kepala Bidang Transportasi Udara Dinas Perbuhungan (Dishub) Sulteng, Basri Madjid.

"Sampai saat ini jadwal penerbangan maskapai yang melayani rute dari dan ke Palu masih normal," katanya, Jumat (11/9/2015).

Namun demikian, kata dia, tidak menutup kemungkinan jika banyak tamu yang akan menghadiri Sail Tomini, jadwal penerbangan bisa ditambah.

Tetapi, untuk masalah tersebut bukan kewenangan Dishub Sulteng, tetapi otoritas bandara.

"Pihak otoritas Bandara Mutiara Sis Aljufri punya kewenangan untuk meminta kepada Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub menambah jadwal penerbangan," kata dia.

Asalkan memang hal itu sangat dibutuhkan dan tergantung dari pengelola bandara.

Menurut dia, jadwal dan jumlah maskapai penerbangan yang selama ini melayani rute penerbangan dari dan ke Palu masih memadai.

Meskipun diakuinya, arus penumpang dari tahun ke tahun rata-rata mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sebelumnya jumlah penumpang hanya berkisar 800 orang per hari. Sekarang ini dalam kurun dua tahun terakhir sudah mencapai 1.500 penumpang/hari.

Dia kembali menegaskan kemampuan penerbangan hingga kini, meski banyak tamu yang akan datang menghadiri Sail Tomini tidak perlu diragukan.

Jumlah maskapai yang ada masih memadai. 

"Tapi tidak menutup kemungkinan ada penambahan jadwal penerbangan sekaitan dengan pelaksanaan Sail Tomini," ujar Basri.

Saat ini ada lima pesawat dari maskapai Lion Air, dua Garuda Indonesia, dua Sriwijaya Air, dua Wings Air dan satu Avia Star sebagai penerbangan perintis ke daerah dan pedalaman.

"Ditambah Xpress Air yang melayani penerbangan satu minggu tiga kali," katanya. (ko/ant)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan