Friday, 20 April, 2018 - 20:40

Jalan Santai HAB ke 72 Kemenag Sulteng, Warga Dolo Raih Hadiah Umroh

PENYERAHAN HADIAH UMROH - Bupati Sigi Irwan Lapata didampinggi Kakanwil Kemenag Sulteng H Abdullah Latopada saat memberikan hadiah Umroh kepada Suharni Warga Dolo Kab. Sigi, Minggu, 7 Januari 2018. (Foto : Humas Kanwil Kemenag Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.com - Peraih hadiah umroh Suharni yang tinggal di BTN Dolo Kabupaten Sigi tak kuasa menahan air matanya ketika kupon undiannya disebutkan oleh panitia usai mengikuti Jalan Santai Kerukunan yang merupakan acara puncak Hari Amal Bhakti (HAB) ke 72 Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng.

Bupati Sigi Moh Irwan Lapata didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulteng H Abdullah Latopada langsung memberikan hadiah tersebut kepada ibu rumah tangga itu.

Menurut Informasi dari salah satu warga Dolo, Ismail, bahwa Suharni merupakan penjual nasi kuning di SDN 1 Dolo.

Pantauan Metorsulawesi, ribuan warga Kabupaten Sigi sangat antusias memeriahkan Jalan Santai Kerukunan tersebut pada Minggu pagi, 7 Januari 2018. Jalan santai kerukunan ini dimulai (start) di dua lokasi berbeda, namun finish di lokasi yang sama yakni di lapangan sepak bola Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng H. Abdullah melepas peserta di Lokasi start Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Kalukubula Kecamatan Dolo, sedangkan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapata, melepas peserta di Lokasi SMP 4 Dolo Kab Sigi.

Bupati Sigi Irwan Lapata dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemenag Sulteng telah memilih Kabupaten Sigi sebagai lokasi puncak perayaan HAB tahun ini.

“Kegiatan ini sangat sesuai dengan tema untuk mengajak kita semua, agar selalu ikut secara aktif dalam menebarkan kedamaian,” kata Irwan.

Sementara Kakanwil Abdullah juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah hadir dan juga menyukseskan jalan santai kerukunan ini.

“Sesuai tema jalan santai kali ini, marilah kita untuk selalu menebarkan kedamaian bagi seluruh masyarakat Sulteng. Kita juga mencanangkan tahun ini, sebagai tahun kedamaian,” ujarnya.

Dia juga memohon maaf bila ada pegawai Kemenag yang belum optimal dalam melayani masyarakat.

“Kalau ada yang kasar dalam melayani, silakan lapor ke saya,” tegas Abdullah.

Jalan santai kerukunan ini diikuti seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah dan Kementerian Agama Kota Palu, Kementerian Agama Kabupaten Sigi dan Kementerian Agama Kabupaten Donggala.

Dalam memeriahkan jalan santai kerukunan ini, berbagai macam hadiah telah disiapkan oleh sponsor juga mitra Kemenag Sulteng. Adapun dua hadiah utama, yakni paket umroh diserahkan oleh Bupati Sigi dan Kakanwil Kemenag Sulteng. Sedangkan hadiah lainnya berupa peralatan elektronik, voucher menginap di hotel di Kota Palu dan hadiah hiburan lainnya.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia HAB ke-72 Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulteng, Luthfi Yunus mengatakan misi utama dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk menunjukkan kehidupan sosial kemasyarakatan yang rukun dan damai, sesuai dengan tema nasional peringatan HAB ke-72 Kementerian Agama, yakni tebarkan kedamaian.

“Kita perlu terus melakukan pendekatan-pendekatan yang tujuannya meningkatkan kerukunan di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Dengan ini, kita juga ingin menunjukkan bahwa Kementerian Agama bukan hanya berurusan dengan hal-hal normatif, tetapi kita juga peduli dengan situasi sosial kemasyarakatan,” jelas Luthfi.


Editor : M Yusuf Bj