Saturday, 18 November, 2017 - 06:54

JAPFA Dampingi 9 SD Jadi Sekolah Bersih dan Sehat

Kesepakatan bersama antara JAPFA dan Dinas Pendidikan Kab Donggala. (Foto : Ist/ Japfa Comfeed Indonesia Tbk)

Donggala, Metrosulawesi.com - 22 Maret 2017 Kegiatan kepedulian sosial JAPFA4Kids kembali digelar oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA). Merangkul 9 sekolah dasar di Kec. Sindue, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah, kali ini kegiatan digelar di area anak usaha JAPFA, PT Ciomas Adistwa.

Kegiatan JAPFA4Kids dengan format baru ini, merupakan kali kedua dilakukan  tahun ini. Jika sebelumnya kegiatan berfokus pada gizi anak, saat ini tema yang diusung ialah “Anak Indonesia Bersih dan Sehat”. Guna memastikan perubahan terjadi di sekolah, JAPFA melakukan pendampingan intensif selama 6 bulan dimulai sejak bulan maret.

“Melalui pendampingan tersebut, JAPFA ingin memastikan sekolah berubah menjadi lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” jelas Yohanes Aris Pramono, Kepala Region Sulawesi 2 PT Ciomas Adisatwa.

“Hal tersebut juga didukung dengan perubahan perilaku bersih dan sehat oleh semua komponen sekolah terutama anak-anak,” tambahnya.

Bertempat di SDN 06 Sindue, kegiatan JAPFA4Kids dimulai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara JAPFA dengan Dinas Pendidikan Donggala serta dengan para Kepala Sekolah peserta. Selanjutnya barulah pendampingan dimulai.

Bagi para siswa, ada tiga model pendampingan yang diberikan, yakni Pendampingan Duta Anak Sehat, Duta Lingkungan Sehat, dan Duta Makanan Sehat. Dari tiap sekolah diwajibkan untuk mengirimkan 4 orang perwakilan siswa untuk masing-masing kelas pendampingan.

“Pendampingan yang dilakukan JAPFA berupaya mendorong perubahan yang menyeluruh di seluruh  aspek mulai dari lingkungan sehat, konsumsi makanan bergizi, serta dukungan budaya hidup bersih dan sehat,” ujar Yohanes.

Tak hanya mendampingi siswa, melalui program ini JAPFA juga mendampingi guru-guru untuk membangun sekolah nyaman dan sehat. Guru-guru dari sekolah peserta mendapatkan pelatihan manajemen tata kelola sekolah yang berbasis manajemen 5S dari Jepang.

Dengan berbagai pendampingan yang diberikan, baik bagi guru maupun siswa. Setelahnya berbagai kegiatan yang dapat menunjang sekolah bersih, sehat dan nyaman juga dapat dijalankan, seperti menjalankan UKS, memiliki TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang dimanfaatkan, hingga terciptanya sekolah yang hijau.

Kegiatan JAPFA4Kids merupakan sebuah inisiatif investasi sosial JAPFA yang berlangsung sejak tahun 2008. Memiliki lini bisnis dari produksi pakan ayam dan ikan; pembibitan ayam, ikan, udang dan sapi; budidaya ayam, sapi, ikan dan udang; processing ayam, ikan, dan sapi; dan didukung oleh perusahaan produsen vaksin, JAPFA memiliki komitmen untuk mewujudkan visi “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama.” Dan JAPFA4Kids merupakan salah satu  bentuk komitmen besar tersebut.
 

Editor : Adhi Abdhian

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.