Saturday, 24 February, 2018 - 12:36

Jaringan Transportasi Palu Perlu Ditata Ulang

Dekan Fakultas Teknik Untad, Dr Amar Ali Akbar. (Foto : Metrosulawesi/Mawan Kurniawan)

Palu, Metrosulawesi.com - Seiring perkembangan multisektor di Kota Palu, jumlah kendaraan milik warga juga turut berkembang dengan pesat. Namun, disisi lain belum diiringi dengan peningkatan ruas dan panjang jalan, serta penataan jaringan sistem transportasi.

“Makanya, sering kali ada masyarakat Kota Palu yang bilang, jalanan mulai macet, jalanan mulai ramai. Padahal memang belum ada penataan ulang sistem jaringan transportasi kita,” kata Dekan Fakultas Teknik Untad, Dr Amar Ali Akbar kepada Metrosulawesi baru-baru ini.

Padahal, lanjut Ahli Tata Ruang Untad ini, total luas daratan wilayah Kota Palu, khususnya untuk kawasan budidaya dari 50 persen baru terpakai sekitar 34 persen. 

“Kota yang baik itu, sejak awal sudah menyediakan jaringan-jaringan jalan, baru masuk dalam pembangunan,” ungkapnya.

Untuk itulah, harusnya Kota Palu sudah menata kembali jaringan, dimuali jaringan lingkar luar, tengah dan dalam, karena dengan itu struktur kota bisa dibentuk dengan baik.

“Selain itu yang perlu dipertimbangkan tentang daya dukung maupun daya tampung. Kita bisa lihat sebagian besar pertumbuhan jalan dengan pertumbuhan kendaraan yang ada. Akhirnya kita merasa macet, karena tidak ada penambahan jaringan jalan,” jelasnya.

 

Editor : Joko Santoso 

 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.