Friday, 22 June, 2018 - 13:42

Jelang Pemberangkatan Haji, Penukaran Uang Masih Sepi

UANG ASING - Karyawan PT Haji La Tunrung A.M.C cabang Palu, Jalan Danau Poso memperlihatkan mata uang asing, Kamis 11 Agustus 2016. Jamaah calon haji disarankan menukarkan Rupiah ke Riyal selagi masih di Tanah Air. (Foto : Moh Rizal/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Jelang pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) Sulawesi Tengah ke Tanah Suci yang dijadwalkan 15- 17 Agustus mendatang, sejumlah tempat penukaran mata uang asing atau valuta asing (Valas) di Kota Palu masih tampak sepi seperti yang terlihat di PT Haji La Tunrung A.M.C cabang Palu, Kamis, 11 Agustus 2016.

Costumer Service PT Haji La Tunrung A.M.C cabang Palu, Zulbi Husaiba mengatakan, suasana penukaran uang empat hari sebelum pemberangkatan calon jamah haji asal Sulteng masih sepi sama seperti hari-hari sebelumnya.

“Untuk saat ini transaksi penukaran uang Riyal di sini masih sepi namun diprediksi nanti hari Sabtu atau sekitar tanggal 13 atau tanggal 15 baru banyak,” kata Zulbi Husaiba ditemui Metrosulawesi di kantor PT Haji La Tunrung A.M.C cabang Palu yang terletak di Jalan Danau Poso Nomor 12 c Palu.

Dia menjelaskan, biasanya satu orang jamaah haji menukar uang sebanyak 10 sampai 15 juta rupiah.

“Kalau di tempat kami itu harga satu riyal itu harganya 4.400. Jadi kalau 10-15 juta itu uang riyalnya sekitar 2000-3000 uang Riyal yang dipegang jamaah,” jelasnya.

Dia mengatakan stok uang yang paling banyak dicari yang pecahan kecil seperti pecahan 50, 10 , 1 Riyal yang di tempat lain di Kota Palu tidak ada.

“Biasanya yang datang menukar itu kadang 5 sampai 8 orang saja, masyarakat yang datang juga paling banyak menukar uang Riyal pecahan 1 sampai 50 riyal karena dipakai untuk berbelanja di sana (Mekkah),”katanya.

Zulbi menambahkan, penukaran mata uang yang paling banyak di Kota Palu yaitu Dollar Amerika, Dollar Singapura, dan Riyal.

“Kalau untuk penukaran Dollar Singapura itu yang sering adalah anak kapal. Sedangkan untuk Riyal banyak TKI,” katanya.

Selain uang Riyal, PT. Haji La Tunrung A.M.C cabang Palu juga melayani 28 penukaran mata uang asing asing ke rupiah maupun sebaliknya. Mata uang asing yang dapat ditukarkan di sana diantaranya Dollar Australia, Dollar Kanada, Euro, Yen, Ringgit Malaysia, Peso Philipina, Dollar Singapura, Dirham Arab, dan Riyal.


Editor : Syamsu Rizal