Saturday, 21 October, 2017 - 21:41

Jelang Perombakan AKD, Suhu Politik DPRD Palu Memanas

Gedung DPRD Palu. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Suhu politik di DPRD Kota Palu kian memanas jelang perombakan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).
 
Berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Palu, Selasa, 14 Maret 2017 memutuskan kalau perombakan AKD akan dilakukan Jumat, 24 Maret 2017.

“Setelah itu, hasil perombakan struktur AKD diumumkan dalam rapat paripurna, Senin, 27 maret 2017,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Palu Drs.H.Basmin Hi. Karim.

Perombakan struktur pimpinan AKD  berdasarkan aturan Tata Tertib (Tatib) DPRD Kota Palu menyatakan selambat-lambatnya setengah periode atau 2,5 tahun menjabat, perombakan struktur AKD dilaksanakan.
 
Menyikapi perombakan struktur pimpinan AKD, sembilan Fraksi di DPRD Kota Palu mulai sibuk bergerilya menjalin komunikasi untuk berkoalisi guna meraih jatah pimpinan AKD selanjutnya.
 
Fraksi PKB, Fraksi PDIP dan Fraksi PKS sampai saat ini diketahui belum berniat merombak penempatan anggota fraksinya di struktur AKD DPRD Kota Palu.

Lain halnya Fraksi PAN yang sudah memastikan merombak penempatan anggotanya di AKD. Baik itu di komisi, Badan Kehormatan (BK), Banggar, Banmus hingga Bapperda.

“Akan dirombak, tapi siapa dan dimana anggota fraksi PAN ditempatkan dalam struktur AKD, nanti dilihat saja pada saat pemilihan pimpinan AKD di DPRD Kota Palu,” kata Ketua Fraksi PAN Mulyadi.
 
Sementara Fraksi Gerindra masih dirundung perasaan dilema, apakah akan merombak keanggotaanya di struktur AKD atau tidak. Sebab, kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Palu H. Muchlis Yabi pihaknya masih menuggu keputusan partai.

“Dibahas di internal  partai dulu, baru diputuskan, apakah penempatan anggota Fraksi Gerindra di struktur AKD dirombak atau tidak,” akunya.
 
Untuk Fraksi  Golkar, kemungkinan besar para anggotanya di AKD akan dirombak total, melihat konstelasi internal politik Partai Golkar sejauh ini. Salah satu yang paling menonjol tentunya adalah usulan pergantian Iqbal Andi Magga sebagai Ketua DPRD Kota Palu.

“Kami akan merotasi anggota fraksi Golkar di AKD DPRD Kota Palu,” ungkap Ketua DPD II Partai Golkar Kota Palu Erman Lakuana belum lama ini.
 
Pembagian pimpinan AKD di DPRD Kota Palu periode 2014-2019 bisa dibilang merata. Tidak ada terlihat salah satu fraksi di DPRD Kota Palu yang menguasai pimpinan AKD.
 
Oleh karena itu, patut ditunggu hasil perombakan AKD di DPRD Kota Palu. Akankah ada fraksi atau koalisi antar fraksi di DPRD Kota Palu yang akan menguasai kursi pimpinan AKD selanjutnya. Mengingat, sudah tidak ada lagi KMP dan KIH pada Pilpres lalu.
 
Selain perombakan AKD, Wakil Ketua DPRD Kota Palu H.Basmin Karim menyatakan pihaknya sekaligus akan melakukan pembagian mitra kerja di komisi sesuai OPD Pemkot yang baru.
 
Adapun struktur Pimpinan AKD di DPRD Kota Palu saat ini yaitu Ketua BK dijabat M.J. Waratabone dari Fraksi Golkar, Ketua Baperda Ir. Tamsil Ismail dari Fraksi PAN, Ketua Komisi A Drs. Syamsu Alam dari Fraksi Restorasi Pembangunan, Ketua Komisi B Drs. Thompa Yotokodi dari Fraksi Gerindra, dan Ketua Komisi C Drs. H. Ishak Cae dari Fraksi Golkar.


Editor : M Yusuf BJ

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.