Tuesday, 27 June, 2017 - 21:59

Jelang Ramadan Harga Bawang di Matra Mulai Naik

HARGA MULAI NAIK - Pedagang sayur mayur di Pasar Smart Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara (Matra). (Foto : Ist)

Matra, Metrosulawesi.com - Menjelang Bulan Ramadan 1438 Hijriah, sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Smart Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) merangkak naik.

Berdasarkan hasil pantaun di Pasar Smart Pasangkayu, harga bahan pokok yang mulai mengalami kenaikan secara signifikan termasuk Bawang Putih dan bawang merah.

"Sekarang ini bawang putih yang naik harganya, biasanya itu Rp50.000 sekilonya, sekarang ini naik menjadi Rp70.000 perkilo, sedangkan bawang Merah dari harga Rp25.000 perkilo sekarang sudah mencapai Rp.35 sekilo" terang salah seorang pedagang Jusriani, Senin 8 Mei.

Sementara harga Cabe Kriting, mengalami penurunan drastis, yang sebelumnya Rp60.000 perkilonya, sekarang turun hingga Rp8.000 perkilo, dan lombok kecil juga mengalami penurunan, dari Rp70.000 perkilo, turun menjadi Rp40.000 perkilo. Harga tomat juga turun drastis hingga Rp8.000 perkilo.

Selain itu harga Ayam di pasar Smart Pasangkayu masih tergolong stabil, dari hasil pantauan media ini Ayam Kampung Jantan dikenakan harga Rp80.000 per ekor sementara untuk betina dikenakan Rp40.000 per ekor, sedangkan untuk harga ayam potong Rp55.000 per ekor.

"Semua harga ayam ini, biasanya naik di bulan puasa, tapi untuk ayam kampung belum terlalu naik, paling ayam potong saja, bisa sampai Rp65.000 sampai Rp70.000 per ekornya" tutur salah seorang pedagang ayam di Pasar Pasangkayu, Irsan Nawir.

Sementara staf Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Mamuju Utara, Fatma, belum bisa berkomentar banyak terkait bahan pokok yang mulai merangkak naik menjelang bulan Ramadan, dikarenakan instansinya belum melakukan survei harga di lapangan.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.